post-title

Tips agar bayi tidak tidur terus saat siang hari

Biasanya bayi yang baru lahir akan cenderung untuk tidur terus pada siang hari. Anda mungkin merasa bingung dan khawatir. Mengapa bayi yang baru lahir tidur terus pada siang hari☀️? Bagaimana cara mengatasinya?


Hal apa yang menyebabkan bayi baru lahir cenderung terus tidur pada siang hari?

💨Suasana hangat saat di rahim

Suasana yang hangat dan nyaman ketika di rahim masih terbawa sampai bayi dilahirkan. Karena itu bayi lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur🛏️. Bayi akan tidur siang kira-kira sebanyak 6 hingga 8 jam sehari.

🌙Bayi belum mengenali pagi dan malam

Bayi belum bisa membedakan pagi dan malam. Pola tidur bayi belum teratur📝. Sehingga tidak mengherankan apabila bayi akan terus terjaga pada malam hari.


Tips agar bayi tidak tidur terus di siang hari!

⏲️Biasakan waktu tidur yang konsisten

Apabila bayi menangis karena belum ingin tidur, tetap bawa ia ke tempat tidurnya. Bayi yang berusia kurang dari 5 bulan biasanya menangis hanya sekitar 15 hingga 20 menit. Asalkan bayi sudah kenyang, maka walaupun awalnya ia menangis😭, Anda sebaiknya tetap disiplin agar bayi terbiasa dengan waktu tidur yang konsisten.

😉Tidak memberi makan bayi hingga terlalu kenyang

Jika bayi terlalu kenyang, maka bayi umumnya akan mengalami gangguan tidur ketika malam hari karena BAB atau mengompol🧻. Bayi akan menjadi rewel karena tidak nyaman dan tidak bisa tidur lagi.

🍼Pastikan untuk menyusui bayi

Bayi yang belum berusia 4 minggu tidak boleh terjaga lebih dari 4 sampai 5 jam tanpa makanan. Bayi yang berusia kurang dari 1 bulan bisa tidak bangun saat merasa lapar🍴. Anda dapat membangunkannya dengan menggosok pipinya.

☀️Mengajari bayi untuk mengenali siang dan malam

Anda dapat mengajak bayi untuk beraktivitas rutin atau mengajaknya bermain untuk mengenalkan siang hari pada bayi. Saat menjelang malam hari, Anda dapat melakukan kegiatan rutin menjelang tidur, contohnya menyetelkan bayi musik🎵 yang menenangkan, atau memandikan dengan air hangat.