post-title

Bagaimana cara membersihkan hidung bayi?

Apabila hidung kotor, orang dewasa dapat dengan mudah membersihkannya. Namun, bayi belum bisa untuk membersihkan hidungnya👃 sendiri. Karena itu, Anda perlu membantu bayi membersihkan kotoran hidungnya. Bagaimana caranya?


Kapan sebaiknya membersihkan hidung bayi?

📅Tidak perlu setiap hari

Membersihkan hidung bayi tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda hanya perlu membersihkan hidung bayi apabila ada lendir atau kotoran✨.

🧻Rutin periksa kebersihan hidung bayi

Anda sebaiknya rutin memeriksa kebersihan hidung bayi setiap hari. Biasanya bayi akan rewel😢 saat merasa hidungnya berisi banyak kotoran.


Amankah penggunaan cotton bud saat membersihkan hidung bayi?

📌Saat membersihkan lendir di hidung bayi

Ketika membersihkan lendir di dalam hidung bayi, sebaiknya Anda tidak menggunakan cotton bud. Anda bisa menyeka🤏 sekitar lubang hidung bayi dengan lembut.

✔️Boleh digunakan namun harus berhati-hati

Cotton bud boleh digunakan untuk membersihkan hidung bayi. Namun, Anda harus sangat berhati-hati agar tidak terlalu dalam memasukkan cotton bud. Karena jika cotton bud masuk terlalu dalam bisa menyebabkan perdarahan☹️ di hidung bayi karena melukai selaput hidungnya.


Cara membersihkan hidung bayi

🌬️Gunakan humidifier di kamar bayi

Penggunaan humidifier dapat menambahkan tingkat kelembapan udara yang berguna mencegah lendir mengering di dalam lubang hidung. Bersihkan humidifier dengan rutin agar jamur🍄 atau bakteri tidak tumbuh.

🧂Menggunakan semprot garam

Anda dapat menggunakan semprotan hidung saline. Semprotan akan mengencerkan🍃 lendir yang nantinya akan keluar dengan sendirinya.

🌊Menggunakan air biasa

Anda bisa menggunakan air biasa untuk membersihkan hidung bayi. Hindari menggunakan sabun karena bayi masih sensitif dengan sabun🧼.