post-title

Panduan merawat bayi baru lahir!

Banyak ibu baru yang pastinya kebingungan ketika akan merawat bayi baru lahir. Tenang, tidak perlu panik, berikut panduan merawat bayi baru lahir👶 yang akan membantu Anda merawat si kecil.


Panduan berdasarkan organ tubuh bayi

👀Mata bayi

Anda dapat membersihkan kotoran di mata bayi dengan kapas steril. Basahi kapas dengan air🌊 matang dan pastikan untuk selalu menggunakan satu kapas steril untuk tiap mata.

👂Telinga bayi

Bagian dalam telinga tidak boleh dibersihkan. Sebaiknya telinga bayi dibersihkan ketika kotoran telinga sudah melewati bagian belokan di dalam liang telinga luar. Anda dapat meneteskan 1 tetes✨ baby oil ke liang telinga bayi dan beberapa hari kemudian kotoran akan keluar dengan sendirinya.

👃Hidung bayi

Anda dapat membersihkan hidung bayi dengan menggunakan air biasa tanpa menggunakan sabun🧼. Apabila bayi sedang pilek, Anda dapat mengeluarkan lendirnya dengan menggunakan semprot hidung saline.

👄Mulut bayi

Apabila terdapat endapan susu formula di lidah👅 bayi, hal itu dapat dibersihkan dengan menggunakan kasa steril yang dibasahi air matang. Pastikan untuk menjaga kebersihkan tangan Anda.


Berbagai hal yang harus diperhatikan saat merawat bayi

📌Hati-hati dengan kepala dan leher bayi

Hati-hati dengan posisi leher dan kepala bayi ketika Anda mengangkat bayi untuk digendong. Selain itu, ketika akan menurunkan bayi dari gendongan ke atas tempat tidur🛏️, Anda juga harus berhati-hati.

💭Hindari mengguncang tubuh bayi

Saat bayi sedang menangis atau bermain, hindari mengguncang tubuhnya. Hal ini karena getaran yang terlalu kencang dapat menyebabkan perdarahan pada otak🧠 bayi yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

✋Selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum memegang bayi

Sebelum memegang bayi, pastikan untuk selalu mencuci tangan. Alasannya, daya tubuh bayi baru lahir belum kuat yang membuatnya rentan terkena infeksi virus🦠.