post-title

Syuuuung~ Kapan bayi boleh naik pesawat?

Saat Anda berada jauh dengan sanak saudara tetapi ingin membawa si kecil untuk segera bertemu dengan mereka, pasti terlintas di pikiran, kapan ya si kecil sudah boleh naik pesawat✈️. Yuk, simak bahasannya berikut ini.


Waktu ideal bayi boleh naik pesawat

💡Kapan bayi boleh naik pesawat?

Tidak ada peraturan resmi yang mengatakan usia ideal bayi boleh naik pesawat. Namun, dokter menganjurkan agar bayi sudah berusia 4 sampai 6 minggu🗓️ untuk naik pesawat.

✨Bagaimana dengan bayi yang lahir secara prematur?

Untuk bayi yang lahir secara prematur, bayi dianjurkan untuk naik pesawat minimal 1 sampai 2 minggu dari tanggal perkiraan lahir. Bayi👶 yang baru lahir tidak disarankan untuk langsung bepergian dengan pesawat karena bayi membutuhkan lingkungan yang stabil dalam menyesuaikan diri dengan kehidupannya yang baru.


Tips dari segi pesawat dalam membawa bayi bepergian dengan pesawat

⏲️Memilih jadwal penerbangan yang tepat

Pilih jadwal penerbangan yang nyaman bagi bayi. Anda dapat memilih penerbangan sesuai dengan jam tidur😴 si kecil. Sehingga si kecil bisa tidur selama penerbangan.

💺Memilih kursi terbaik

Anda dapat memilih kursi di sisi lorong dan sedekat mungkin dengan bagian depan pesawat. Hal ini karena bagian depan pesawat memiliki tingkat kebisingan yang tidak terlalu tinggi. Sedangkan duduk di sisi lorong bisa memudahkan Anda jika harus berdiri dan berjalan-jalan🚶‍♀️ untuk menenangkan bayi Anda.


Tips lainnya agar bayi Anda nyaman selama penerbangan!

🤱Menyusui bayi sebelum naik pesawat

Susui bayi Anda tepat sebelum naik pesawat serta pastikan bayi bersendawa. Hal tersebut karena selama penerbangan, rendahnya tekanan atmosfer bisa meningkatkan gas💨 di dalam ususnya. Sehingga menyusui bayi selama penerbangan akan menambahkan lebih banyak lagi udara di usus yang telah membengkak dan dapat menyebabkan nyeri perut.

🛏️Biarkan bayi Anda tertidur

Saat bayi tidur, perubahan tekanan udara di kabin tidak akan mempengaruhi tekanan di dalam gendang telinganya👂. Karena itu membiarkan bayi Anda untuk tetap tidur akan lebih baik daripada membangunkannya untuk menyusu.

✔️Menggunakan ear plug

Menggunakan penutup telinga akan membantu bayi untuk tidak rewel😢 dan tetap tenang selama penerbangan. Hal ini karena tingkat kebisingan di pesawat yang cukup tinggi sekitar 60-100 desibel.