post-title

Perlukah memotong bulu mata bayi agar lebih lentik?

Anda mungkin mendambakan si kecil untuk memiliki bulu mata yang lentik. Katanya, memotong bulu mata👀 bayi bisa membuatnya jadi lebih lentik. Benarkah hal ini?


Benarkah memotong bulu mata bayi membuatnya jadi lebih lentik?

💭Fakta? Mitos?

Memotong bulu mata bayi dapat membuatnya tumbuh menjadi lebih lentik adalah mitos. Hal tersebut karena bulu mata yang lentik tidak dipengaruhi oleh hal tersebut, melainkan faktor keturunan, hormon✨, dan nutrisi yang dikonsumsi bayi.

📌Pentingnya nutrisi

Nutrisi tidak hanya baik bagi kesehatan dan pertumbuhan si kecil, tapi juga mempengaruhi pertumbuhan bulu matanya. Dalam hal ini, nutrisi yang dimaksud tidak lain adalah ASI🍼 atau susu formula yang diberikan pada bayi.


Risiko memotong bulu mata bayi

😢Bulu mata malah menjadi kaku

Bulu mata yang dipotong malah akan menjadi kaku. Selain itu, memotongnya terlalu pendek dapat merusak bulu matanya dan bulu mata kehilangan fungsinya, yaitu melindungi mata dari kotoran dan debu☁️.

⚡Risiko melukai kelopak mata

Menggunting bulu mata bayi dengan gunting yang tajam dapat berisiko melukai kelopak matanya. Kelopak mata bayi Anda bisa berdarah bahkan jika Anda tidak hati-hati ujung gunting✂️ dapat mencolok matanya.


Lalu, apakah aman jika dioleskan minyak?

😫Dapat menyebabkan iritasi

Mengoleskan minyak pada bulu mata tidaklah dianjurkan. Hal ini karena jika minyak masuk ke dalam mata👀, dapat menimbulkan iritasi.

🦠Kuman dapat tumbuh

Kuman juga bisa tumbuh di bulu mata karena bulu mata yang tidak bersih. Sisa dari minyak🪔 yang dioleskan pada bulu mata dapat tertinggal dan menyebabkan kuman tumbuh.