post-title

Apakah wajar jika bayi sering BAB?

Anda mungkin khawatir melihat bayi Anda sering buang air besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena frekuensi buang air besar🚽 si kecil bervariasi berdasarkan usia dan tahap perkembangannya. Berikut bahasan selengkapnya mengenai BAB bayi!


Bagaimana bentuk normal kotoran bayi?

👶Bayi yang baru lahir

Bayi yang baru lahir mempunyai bentuk kotoran yang lembek yang disebut dengan mekonium. Mekonium berwarna gelap karena terbentuk dari cairan ketuban, sel kulit mati, sel darah merah✨, lendir, dan bilirubin.

🍼Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif

Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif bentuk kotorannya akan berbentuk seperti berbiji atau cairan. Anda tidak perlu khawatir dulu😉 apabila Anda menemukan feses si kecil sangat cair.

📌Bayi yang tidak mengonsumsi ASI eksklusif

Bayi yang tidak mengonsumsi ASI eksklusif akan memiliki bentuk feses yang mirip dengan feses orang dewasa👩‍🦱. Feses berbentuk menggumpal, padat, ataupun berbentuk lembek.


Frekuensi buang air besar bayi usia 0-6 bulan

📅Beberapa hari sesudah lahir

Beberapa hari sesudah lahir, bayi akan buang air besar minimal 4 kali dalam sehari. Bahkan ada juga beberapa bayi yang akan buang air besar tiap selesai menyusui🤱. 

💭Bayi berumur 12 minggu

Bayi yang berumur 12 minggu buang air besar 1 sampai 8 kali sehari bergantung pada kondisi sistem pencernaannya. Bahkan beberapa bayi👶 yang minum ASI bisa tidak buang air besar hingga 7 sampai 10 hari.

✔️Bayi berumur 4 bulan

Bayi berumur 4 bulan yang belum mengonsumsi makanan padat akan buang air besar 2 kali sehari. Biasanya semakin bertambah umurnya, semakin berkurang😉 frekuensi buang air besarnya.


Bagaimana bau feses bayi yang normal?

👃Bau sangat asam

Feses bayi yang berbau asam biasanya merupakan pertanda adanya masalah pada penyerapan gula bayi. Hal ini sering disebut dengan intoleransi laktosa yang menyebabkan bayi tidak dapat mengonsumsi susu sapi🐮.

⚡Bau feses busuk

Apabila Anda mencium bau yang busuk dari feses si kecil maka Anda patut untuk curiga. Apalagi jika baunya seperti telur🥚 busuk maka kemungkinan bayi Anda mengalami masalah pencernaan.

😖Bau amis

Feses bayi yang berbau amis bisa menjadi pertanda bayi mengalami infeksi jamur🍄. Anda sebaiknya segera membawa si kecil ke dokter.