post-title

Fakta-fakta unik bayi!

Menjadi orang tua merupakan suatu hal yang amat membahagiakan. Tiap harinya ada saja perkembangan si kecil yang membuat Anda terkesima. Apakah Anda tahu, bayi memiliki berbagai fakta📝 unik lho. Penasaran apa saja? Simak bahasannya berikut ini!


Fakta unik dari segi perkembangan otak

🧠Otak bayi laki-laki dan perempuan memiliki perkembangan yang berbeda

Otak bayi laki-laki yang baru lahir tumbuh lebih cepat dari otak bayi perempuan selama 3 bulan pertama, khususnya pada area yang menangani bagian motorik. Sedangkan bayi perempuan mempunyai indra yang lebih sensitif dari laki-laki yang membuatnya lebih baik dalam mendengar👂 dan melihat.

Namun, cara orang tua dalam membesarkan bayinya juga berpengaruh besar dalam perkembangan mereka. Karena itu, lebih baik untuk tetap adil⚖️ dalam membesarkan si kecil.

🤓Bayi dapat belajar jauh lebih cepat dari orang dewasa

Sebelum bayi lahir ia sudah dapat mengingat suara ayah dan ibunya. Saat seorang bayi dilahirkan, ia dikelilingi oleh banyak sekali rangsangan yang membuatnya untuk belajar setiap waktu. Semakin banyak kata yang didengar si kecil semenjak dini, kemampuan bahasanya💭 juga akan semakin baik ketika ia mulai sekolah.


Fakta unik bayi lainnya!

💨Bayi kadang-kadang berhenti bernapas sejenak ketika tidur

Bayi yang sedang tidur kadang berhenti bernapas sekitar 5 hingga 10 detik. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena hal tersebut normal. Pernapasan bayi yang belum teratur menyebabkan hal itu terjadi. Anda baru perlu khawatir dan segera membawa bayi ke dokter👩‍⚕️ apabila bayi berhenti bernapas dalam durasi yang lama atau bahkan sampai membiru.

🚽Kotoran bayi baru lahir tidak bau!

Kotoran pertama bayi baru lahir yang disebut dengan mekonium tidak mengeluarkan bau. Hal tersebut karena bayi belum mempunyai bakteri🦠 usus yang menyebabkan kotoran menjadi bau.

📌Bayi punya payudara

Bayi yang baru lahir juga punya payudara kecil lho. Bahkan payudaranya dapat mengeluarkan cairan putih seperti ASI🍼. Hal tersebut terjadi karena bayi menyerap estrogen dari ibu, namun akan hilang dalam beberapa minggu.