post-title

Cara Memotong Kuku Bayi Baru Lahir!

Anda mungkin bingung kapan kuku si kecil sudah boleh dipotong. Anda juga takut tidak sengaja melukai si kecil ketika memotong kukunya. Lalu sebaiknya bagaimana cara memotong kuku💅 si kecil supaya ia tidak terluka?


Kapan kuku bayi sudah boleh dipotong?

💡Benarkah tidak boleh memotong kuku bayi selama 40 hari?

Tidak ada larangan secara medis untuk tidak memotong kuku bayi selama 40 hari🗓️. Direkomendasikan untuk memotong kuku bayi apabila terlihat kukunya telah panjang.

⚡Risiko jika kuku bayi tidak dipotong!

Apabila kuku bayi tidak dipotong dapat berisiko melukai kulitnya yang masih sangat lembut. Kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif✨ sehingga kukunya yang panjang bisa saja melukai kulitnya.


Bagaimana cara aman memotong kuku si kecil?

😴Memotong kuku ketika bayi tidur

Memotong kuku ketika bayi sedang tidur🛏️ lebih aman. Karena saat ia sedang terbangun bayi sering tidak bisa diam ketika sedang dipotong kukunya.

📌Hindari memotong kuku bayi terlalu pendek

Hindari memotong kuku bayi terlalu pendek karena bisa saja Anda tidak sengaja melukai😢 jarinya. Tekan ujung jari bayi ke arah bawah supaya tidak terkena gunting kuku saat memotong.

😉Pastikan lampu terang dan cari posisi yang nyaman

Saat memotong kuku si kecil, pastikan lampu cukup terang☀️ untuk menghindari tidak sengaja melukai jarinya karena tidak kelihatan. Selain itu, Anda dapat mencari posisi yang nyaman, misalnya menaruh tangan mungilnya diatas pangkuan Anda saat memotong kukunya.

✔️Menggunakan gunting kuku khusus

Anda sebaiknya menggunakan gunting kuku khusus untuk bayi. Hindari menggunakan gunting kuku orang dewasa🚶‍♀️ karena ukurannya tidak tepat dengan jari si kecil.


Lakukan hal ini jika tidak sengaja melukai jarinya!

🌬️Jangan menutup luka

Anda tidak perlu memberi plester pada lukanya. Hal ini karena bayi senang memasukkan jari ke dalam mulutnya👄 sehingga dapat membahayakannya.

🍃Bersihkan jarinya yang terluka

Anda dapat membersihkan jarinya di bawah air🌊 dingin mengalir. Kemudian beri tekanan dengan perlahan pada jari yang terluka dengan kain kasa bersih agar darahnya berhenti.