post-title

Benarkah ada bayi yang genius?

Semua orang tua pastinya bangga jika bayinya genius. Tetapi betulkah ada bayi yang genius? Bayi seperti apa yang dapat dianggap genius🤓?


Arti genius dan penentuan seseorang dianggap genius

📌Apa yang dimaksud dengan genius?

Berdasarkan American Psychological Association (APA) yang dimaksud dengan genius✨ adalah tingkat ekstrim kemampuan intelektual atau kreatif. Dalam menentukan kejeniusan tidaklah sederhana, namun sangat subjektif.

📝Mengapa sulit untuk menentukan kejeniusan?

Kejeniusan seseorang sulit untuk ditentukan karena berbagai faktor. Faktor tersebut diantaranya, faktor lingkungan🏠, tanda kecerdasan yang bervariasi tergantung budayanya, dan terdapat berbagai macam kecerdasan.


Sulit untuk menentukan si kecil genius!

💭Tidak ada standard ukur jenius yang diakui

Karena kecerdasan bayi tidak bisa diuji, orang tua sering mencari-cari tanda kejeniusan sendiri. Contohnya, ada orang tua yang menganggap bayinya yang hipersensitif adalah tanda bayinya genius💡, padahal hal tersebut bisa saja merupakan kepribadian, bukanlah tanda kejeniusan.

✍🏻Bayi tidak bisa ikut tes IQ

Alasan lain sulit untuk menentukan kejeniusan bayi adalah bayi tidak bisa mengikuti tes IQ. Selain itu, bayi juga berkembang sesuai dengan kecepatannya masing-masing. Bayi yang belum dapat berjalan🚶‍♀️ pada usia 15 bulan bukan berarti menandakan ia mengalami keterlambatan. Bayi yang berbicara lebih awal juga bukan berarti ia genius.


Cara mendorong perkembangan bayi Anda

👩‍🦱Sering ajak bicara bayi

Sering mengajaknya berbicara dengan kata-kata lengkap dapat mendorong perkembangan bahasanya. Selain itu, bacakan bayi untuk mengajarinya membangun kosa kata dan daya ingatnya🧠.

✔️Respon kebutuhan bayi

Respon kebutuhan bayi Anda, misalnya saat ia menangis😭, angkat dan gendong bayi. Ketika bayi sedang mengoceh, respon ocehannya.