post-title

Apakah bayi baru lahir perlu diberi minyak telon?

Anda mungkin sering melihat bayi dioles minyak telon🪔 setelah mandi. Mengoleskan minyak telon pada bayi dianggap dapat membuat tubuh bayi menjadi hangat. Benarkah hal ini?


Benarkah mengoleskan minyak telon membuat tubuh bayi lebih hangat?

💡Minyak telon terbuat dari apa?

Minyak telon terbuat dari 3 komposisi. Komposisi tersebut adalah minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa🥥.

☀️Tubuh bayi hangat?

Bayi memiliki kulit yang tipis sehingga minyak telon dapat mengiritasi kulitnya. Apalagi bayi yang baru lahir, kulitnya lebih sensitif dan tipis sehingga rentan untuk mengalami inflamasi. Rasa hangat yang timbul sebenarnya bukan karena minyak telon, tetapi kulit bayi mengalami inflamasi ringan✨ yang menyebabkan rasa hangat.


Tips mengoleskan minyak telon pada bayi jika perlu

💨Saat bayi mengalami perut kembung

Jika bayi mengalami perut kembung, oleskan minyak telon di perut bayi secukupnya saja. Hal ini dapat membantu mengatasi perut nyeri⚡ dan kembung yang dialaminya.

✔️Memastikan kandungan minyak telon aman untuk bayi

Anda dapat memilih minyak telon tanpa kandungan minyak alami tambahan sehingga aman digunakan bayi. Kandungan yang aman bagi bayi diantaranya, citronella yang dapat membantu mengurangi gejala kolik, chamomile yang bisa menenangkan bayi, dan cajuput untuk membantu mengatasi hidung tersumbat🌬️ saat bayi pilek.

📌Hindari menggunakan minyak telon saat kulit bayi sedang sensitif

Saat kulit bayi sedang sensitif, sedang mengalami eksim, maupun masalah kulit lainnya, hindari mengoleskan minyak telon. Hal ini karena minyak telon dapat membuat kulitnya semakin panas😢 dan iritasi.