post-title

Wajarkah kulit bayi baru lahir mengelupas?

Pernahkah Anda melihat kulit bayi baru lahir mengelupas? Mengapa kulit bayi baru lahir👶 mengelupas? Wajarkah hal ini? Simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Apa saja penyebab kulit bayi baru lahir mengelupas?

Sebagian besar kasus kulit bayi baru lahir yang mengelupas adalah normal✔️. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan kulit bayi baru lahir mengelupas.

🗓️Kelahiran cukup bulan

Kulit bayi yang lahir secara prematur umumnya lebih sedikit mengelupas dibanding kulit bayi yang lahir cukup bulan. Biasanya beberapa hari setelah dilahirkan, kulit mereka akan menjadi lebih cerah, bersisik, dan kering⚡.

✨Vernix caseosa

Lapisan lilin tebal ini berfungsi melindungi bayi dari cairan ketuban di dalam rahim. Kehilangan lapisan luar ini bisa menyebabkan pengelupasan kulit alami🍃 dalam beberapa minggu pertama kelahiran.

📌Eksim

Eksim jarang terjadi pada bayi yang baru lahir. Biasanya eksim dapat muncul pada bayi yang menginjak usia 4 sampai 6 bulan. Gejala eksim diantaranya ruam kering pada siku, wajah, dan lutut🦵, gatal yang membuat kulit mengelupas.


Lalu bagaimana mengobati kulit bayi baru lahir yang mengelupas?

🛀Hindari mandi terlalu lama

Hindari memandikan bayi terlalu lama. Bayi baru lahir cukup dimandikan sekali atau dua kali seminggu. Mandi air🌊 hangat apalagi jika setiap hari akan membuat kulit bayi semakin kering.

🧴Mengoleskan pelembab

Mengoleskan pelembab hipoalergenik berguna mengembalikan kelembaban kulit bayi. Anda dapat mengoleskannya sesudah bayi mandi🧻.

👚Memakaikan bayi pakaian yang nyaman

Kenakan bayi pakaian yang terbuat dari kain alami atau katun. Bahan katun menjaga kulit bayi tetap sehat dan nyaman😊.