post-title

Wajarkah bayi bangun setiap jam di malam hari?

Tidur malam sangatlah penting bagi pertumbuhan bayi. Namun apabila bayi sering terbangun setiap jam saat tidur malam🌙 apakah hal ini wajar? Hal apa yang menyebabkan bayi sering terbangun di malam hari?


Hal yang menyebabkan bayi sering terbangun saat tidur malam

💑🏽Pengaruh peranan orang tua

Semakin sering orang tua membiarkan bayinya menangis sampai bayi tertidur sendirinya, semakin tinggi kemungkinan bayi mengalami gangguan tidur. Saat seorang ayah banyak ikut terlibat dalam mengasuh bayi pada siang☀️ maupun malam hari bersama dengan ibu, bayi akan tidak banyak bangun pada malam hari.

🛏️Terbiasa tidur sambil mengisap sesuatu

Bayi yang terbiasa tertidur sambil mengisap sesuatu akan sering terbangun ketika tidur malam di usia 6 hingga 12 bulan saat dot🍼 yang dihisap terlepas. Untuk memperbaiki kebiasaan ini biasanya akan membutuhkan waktu.

📝Pola tidur bayi

Berdasarkan Stanford Children’s Health, bayi baru lahir rata-rata tidur di siang dan malam hari, dan bangun tiap beberapa jam untuk menyusu. Pada umumnya bayi baru lahir tidur selama 8 sampai 9 jam pada siang hari dan 8 jam pada malam hari sambil terbangun tiap jam untuk menyusu🤱.

✨Bayi terkena infeksi

Bayi yang sedang dalam tahapan merangkak biasanya sering mengambil sesuatu dan memasukkannya ke dalam mulutnya👄. Hal ini membuat bayi berisiko terkena infeksi. Bayi yang terkena infeksi cenderung untuk sering terbangun pada malam hari.


Cara agar bayi tidur lebih nyenyak di malam hari

👩Gendong si kecil sebelum tidur

Gendong si kecil sebelum ia tidur, dan letakkan di tempat tidur saat ia sudah mulai terlihat mengantuk. Pastikan agar bayi tidak sampai terlelap di gendongan Anda, karena akan membuatnya susah untuk tidur😴 sendiri di kemudian hari.

🚗Mengajak bayi aktif pada siang hari

Anda dapat mengajak bayi👶 Anda untuk aktif bermain di siang hari. Tetapi, hindari mengajaknya bermain menjelang waktu tidur atau pada malam hari karena malah akan membuatnya sulit untuk tidur.