post-title

Mengenal lebih dalam growth spurt bayi

Pernahkah Anda mendengar istilah growth spurt? Growth spurt merupakan fase saat pertumbuhan bayi👶 meningkat dengan sangat pesat. Apa saja tanda-tandanya?


Kapan growth spurt terjadi?

✨Apa itu growth spurt?

Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang dialami bayi pada satu tahun pertama hidupnya. Berdasarkan American Academy of Pediatrics, growth spurt yang dialami bayi terjadi dengan frekuensi yang relatif, sebagian besar bayi mengalaminya pada setiap beberapa minggu atau bulan pada tahun pertamanya🗓️.

💭Kapan bayi mengalami growth spurt?

Bayi umumnya mengalami fase growth spurt pada usia 1-3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Setiap bayi tidak memiliki periode growth spurt yang sama, namun sebagian besar😊 mengalaminya pada periode 1 tahun pertama kehidupannya.


Adakah tanda-tanda bayi sedang berada pada fase growth spurt?

😴Bayi mengalami perubahan pola tidur

Bayi yang sedang berada pada fase growth spurt biasanya akan tidur kira-kira 4 jam⏲️ lebih lama dari biasanya. Namun beberapa bayi malah lebih jarang tidur maupun terjaga pada malam hari. 

🍴Bayi sering merasa lapar

Bayi juga akan mudah merasa lapar dan ingin menyusu terus menerus. Bayi yang biasanya menyusu 8 kali sehari akan menyusu🍼 sebanyak 12 sampai 14 kali sehari saat berada dalam fase growth spurt.

😭Bayi menjadi lebih rewel

Bayi biasanya akan lebih mudah rewel, dan ingin digendong ibunya terus. Hal ini terjadi karena ada rasa nyeri⚡ yang dirasakan ketika masa pertumbuhan yang terjadi pada fase growth spurt.


Bagaimana menenangkan bayi saat fase growth spurt?

❤️Sering memeluknya

Anda dapat lebih sering memeluk si kecil supaya ia jadi lebih tenang. Berikan si kecil kasih sayang dan kesabaran👩 lebih.

🤱Berikan si kecil susu lebih banyak

Berikan bayi Anda susu lebih banyak daripada biasanya selama beberapa hari agar ia memiliki energi lebih selama berada dalam fase ini. Selain itu, penuhi kebutuhan makannya🍚 dengan MPASI saat ia sudah dapat makan makanan yang padat.