post-title

Bolehkah bayi minum ASI dingin?

Biasanya para orang tua akan menghangatkan ASI perah (ASIP) sebelum diberikan pada bayi. Tapi, sebenarnya bolehkah bayi minum ASI atau susu formula🍼 dingin?


Apakah bayi bisa minum ASI atau susu formula dingin?

🧊Bisakah bayi minum susu dingin langsung dari kulkas?

Tidak ada bukti yang menyatakan bayi tidak bisa minum susu langsung dari kulkas. Tetapi, bayi masih sensitif✨, lebih baik untuk memberinya susu yang tidak terlalu dingin, atau hangat.

⚖️Apakah minum susu dingin bisa mengurangi penambahan berat badan bayi?

Tidak ada juga bukti yang menyatakan susu dingin mengurangi penambahan berat badan si kecil. Tetapi, bagi bayi prematur, meningkatkan jumlah per makanan🐟 akan meningkatkan asupan nutrisi dan lemak yang membuatnya lebih sehat.


Adakah sisi kurang baik dari memberikan bayi susu dingin?

🥛Sulit mencampur susu

Kadang-kadang akan sulit😞 ketika mencampur ASI dingin dengan benar. Hal ini karena foremilk dan hindmilk yang terpisah.

🌙Bayi tidak dapat tertidur kembali di malam hari

Bayi yang minum susu dingin di malam hari akan lebih sulit untuk tertidur kembali. Alasannya, susu dingin merangsang bayi untuk lebih terjaga👀.

⚡Menyebabkan iritasi pada tenggorokan bayi

Sebaiknya hindari memberikan susu dingin pada bayi saat ia pilek. Susu yang dingin🥶 dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokannya.


Apa saja keuntungan memberikan si kecil susu dingin?

☀️Mengurangi risiko susu yang terlalu panas

Memberikan bayi susu dingin dapat mengurangi risiko susu yang terlalu panas. Mulut👄 bayi dapat melepuh jika minum susu yang terlalu panas.

⏲️Mengurangi waktu untuk memanaskan susu

Memberikan bayi👶 susu dingin atau suhu ruangan akan mengurangi waktu untuk memanaskan susu. Hal ini karena memanaskan susu memerlukan waktu yang lebih lama.