post-title

Apa yang membuat urine bayi berbau menyengat?

Urine bayi biasanya tidak berbau menyengat. Namun, terkadang urine bayi bisa mengeluarkan bau yang menyengat💨 dibanding biasanya. Bau urine dapat menjadi petunjuk kondisi kesehatan bayi.


Hal-hal yang membuat urine bayi menjadi berbau menyengat

✨Bayi mengalami infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing terjadi jika bakteri masuk ke saluran kemih bayi. Terdapat organ penting yaitu ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra di dalam saluran kemih. Biasanya bayi juga akan mengalami gejala lebih sering rewel😭, demam, dan muntah.

🍽️Dari makanan yang dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi bayi juga dapat membuat urine bayi berbau menyengat. Jika bayi Anda masih minum ASI eksklusif🤱, maka Anda sebaiknya memeriksa kembali makanan apa yang Anda konsumsi.

🌊Bayi kekurangan cairan

Bayi yang kekurangan cairan (dehidrasi) juga dapat membuat urinenya menjadi berbau menyengat. Gejala bayi dehidrasi yaitu lebih jarang buang air kecil, bibir bayi kering👄, dan bayi menjadi lebih rewel.


Kapan bayi harus dibawa ke dokter?

🗓️Urine berbau menyengat lebih dari 3 hari

Jika urine bayi berbau menyengat selama lebih dari 3 hari, Anda sebaiknya membawa si kecil ke dokter. Selain itu, jika disertai dengan gejala muntah🤮, demam, dan batuk maka Anda harus segera membawanya ke dokter.

📌Bawa popok bayi Anda

Ketika membawa si kecil ke dokter, jangan lupa untuk membawa popoknya yang memiliki bau urine menyengat. Dokter👩‍⚕️ dapat memeriksa dan mengetahui penyebabnya sehingga dapat menentukan tindakan medis yang tepat bagi si kecil.