post-title

Amankah mengoleskan losion pada bayi?

Penggunaan losion dapat membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit bayi. Namun, sebenarnya apakah aman mengoleskan losion🧴 pada bayi, apalagi bayi yang baru lahir?


Perlukah bayi yang baru lahir memakai losion?

💡Perlu? Ataukah tidak?

Bayi yang baru lahir tidak memerlukan losion. Hal ini karena kulit bayi akan tetap lembab hingga vernix lepas dari kulitnya. Vernix caseosa✨ merupakan lapisan pelindung kulit bayi ketika berada di dalam kandungan. Sesudah bayi dilahirkan, vernix ini akan mulai luruh sehingga kulit bayi baru lahir terlihat seperti terkelupas.

💭Lalu, kapan bayi mulai memerlukan losion?

Anda dapat mulai mengoleskan losion pada kulit bayi jika vernix telah lepas dari tubuhnya. Anda dapat mengoleskan si kecil losion ketika selesai mandi🌊 dan jika terdapat area kulit yang terlihat kering.


Losion seperti apa yang aman bagi bayi?

👶Losion khusus untuk bayi

Gunakan losion yang telah teruji secara klinis (Clinically Proven Mild) yang mengandung bahan yang lembut serta hipoalergik sehingga tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada bayi😉.

🪔Losion lebih baik dari minyak

Meskipun minyak sering disebut bersifat alami, namun kenyataannya tidak selalu lebih baik bagi bayi Anda. Hal ini karena minyak-minyakan sering menggunakan bahan nabati yang bisa menyebabkan reaksi alergi bayi. Selain itu, losion lebih baik daripada minyak karena tidak lengket dan tidak meninggalkan rasa panas☀️ pada kulit bayi.

🌸Hindari memakaikan bayi losion yang memiliki wangi

Losion yang berbau menyengat biasanya bisa menyebabkan jerawat😖 pada bayi. Karena itu, pilih losion yang tidak memiliki wangi agar memastikan kulit bayi tetap sehat.


Fakta unik kulit bayi!

☀️Bayi butuh tabir surya

Kulit bayi yang berusia kurang dari 2 tahun kurang mempunyai perlindungan akan sinar ultraviolet (UV). Anda dapat mengoleskan losion tabir surya pada bayi secara tipis-tipis saja pada seluruh tubuh bayi sekitar 15 hingga 30 menit⏲️ sebelum bayi terpapar sinar matahari.

⚖️Bayi lahir dalam kondisi pH kulit hampir netral

Bayi lahir dalam kondisi pH kulit yang hampir netral, sekitar 6,6-7,5 tergantung pada lokasinya. Bayi yang telah lahir pH kulitnya akan menurun dengan cepat selama minggu pertama📅, lalu perlahan hingga minggu keempat.