post-title

Bayi suka white noise?

Waktu tidur seringkali menjadi salah satu tantangan yang cukup menantang bagi para orang tua. Meskipun bayi sudah tertidur, mereka juga bisa mendadak terbangun kembali di tengah malam. Penggunaan white noise sering disarankan untuk membuat bayi lebih cepat tidur🛏️. Mari kenali lebih dalam yang dimaksud dengan white noise!


Benarkah white noise bisa membantu bayi tertidur?

💭Apa yang dimaksud dengan white noise?

White noise merupakan suara yang bisa berupa suara hembusan angin, suara desiran ombak🌊, hujan, jangkrik, suara pengering rambut, maupun suara penyejuk ruangan. Bahkan telah ada alat yang dirancang khusus guna membuat white noise dan dikhususkan untuk bayi.

😴White noise bisa membantu bayi tertidur?

White noise dapat membantu bayi untuk tertidur dengan nyenyak. Jika Anda melihat bayi Anda cenderung tertidur ketika saat-saat bising👂 di luar waktunya tidur, maka berarti si kecil merespons white noise dengan positif.


Adakah kekurangan dari white noise pada bayi?

📌Bayi ketergantungan pada white noise

Bayi yang ketergantungan pada white noise biasanya adalah bayi yang sangat menyukai white noise. Apabila bayi tidak mendengar white noise, biasanya ia akan menjadi susah😞 untuk tidur.

👂Bayi berisiko mengalami masalah pendengaran

Meskipun suara white noise sepertinya seperti suara yang samar-samar, namun berdasarkan penelitian oleh American Academy of Pediatrics, alat white noise menghasilkan kebisingan yang melebihi batas rekomendasi, 50 desibel⚡.

Karena itu, apabila bayi mendengarkan white noise terlalu keras maupun terlalu sering, hal ini dapat menyebabkan risiko masalah pendengaran, bahkan gangguan dalam perkembangan berbicara👄 bayi.


Cara aman penggunaan white noise!

✔️Hindari menaruh alat white noise terlalu dekat dengan telinga bayi

Pastikan untuk tidak menaruh alat white noise di dekat telinga atau kepala bayi👶. Sebaiknya, letakkan sejauh mungkin dari bayi.

⏲️Menggunakan white noise seperlunya

Hindari menggunakan white noise setiap saat. Sebaiknya matikan white noise sesudah bayi tertidur. Selain itu pastikan volume white noise🎵 tidak terlalu keras.