post-title

Membersihkan pantat bayi dengan tisu basah?

Pastinya Anda pernah membersihkan pantat bayi Anda sesudah buang air besar dengan tisu basah. Tisu basah sangatlah membantu apalagi ketika sedang bepergian. Tetapi, sebenarnya, bolehkah membersihkan pantat bayi dengan menggunakan tisu basah🌊?


Amankah menggunakan tisu basah ketika membersihkan pantat bayi?

💡Aman? Atau tidak?

Berdasarkan penelitian kesehatan yang diterbitkan oleh Journal of Allergy and Clinical Immunology, sebagian tisu basah yang terdapat di pasaran dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit bayi. Hal ini karena kulit bayi masih sangat sensitif✨.

📌Tisu basah mengandung bahan kimia

Sebagian besar tisu basah mengandung bahan kimia serta alkohol yang dapat mengganggu perlindungan lapisan kulit teratas si kecil. Apalagi jika Anda sering mengusap pantat si kecil dengan tisu basah, lapisan kulit teratas ini dapat rusak😢.


Apa saja tanda bayi mengalami alergi karena tisu basah?

⚡Gejala alergi yang dapat timbul

Beberapa tisu basah yang mengandung bahan pengawet, contohnya formalin dan paraben, dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi. Gejala tersebut diantaranya kulit bayi lecet, terdapat ruam merah dan gatal🤏.

👩‍⚕️Konsultasi dengan dokter

Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ketika memilih tisu basah yang akan digunakan. Selain itu, bawa si kecil ke dokter🏥 jika timbul reaksi alergi pada kulitnya setelah pemakaian tisu basah. 


Solusi aman dalam menggunakan tisu basah bagi bayi Anda!

✔️Pastikan wadah tisu basah tertutup dengan baik

Setelah mengambil tisu basah, pastikan untuk menutup kembali wadah tisu basah dengan rapat. Hal ini guna mencegah kontaminasi bakteri🦠 maupun debu pada tisu basah.

🌬️Masukkan tisu basah ke dalam air hangat

Anda dapat memasukkan tisu basah ke dalam air hangat yang sebelumnya sudah dicampur dengan baby oil. Dengan melakukan hal ini dapat mencegah😉 risiko bayi alergi yang disebabkan kandungan alkohol ataupun bahan pengawet di tisu basah.