post-title

Ciluk…Baaa! Main cilukba banyak manfaatnya!

Hanya dengan mengajak si kecil bermain cilukba, ia akan tertawa dan merasa terhibur. Namun, tahukah Anda bahwa permainan cilukba tidak hanya dapat menghibur😊 si kecil, tapi juga memiliki banyak manfaat, lho! 


Alasan si kecil senang bermain cilukba!

👶Bayi senang dengan hal yang berulang

Ketika bayi berusia 6-12 bulan, ia senang dengan pengulangan. Bayi senang dengan momen saat dirinya terkejut ketika mengetahui orang tuanya💑🏽 dapat menghilang dan muncul kembali tiba-tiba.

❤️Permainan menyenangkan bagi bayi

Bagi bayi, permainan cilukba merupakan permainan yang menyenangkan. Kata ciluk dan ba memunculkan perasaan senang baginya sehingga ia akan tertawa👅.


Manfaat dibalik permainan cilukba

💡Mengembangkan pemahaman object permanence

Objek permanen merupakan suatu konsep pemahaman pada anak bahwa saat ia tidak melihat atau mendengar suatu benda atau orang, bukan berarti benda atau orang tersebut akan menghilang. Dengan bermain cilukba, bayi dapat memahami bahwa ketika Anda menghilang sejenak dibalik tangan✋, bukan berarti Anda akan hilang sepenuhnya.

💭Mendorong kemampuan bahasa bayi

Bermain cilukba dapat mendorong kemampuan komunikasi bayi. Ketika Anda sering mengajak si kecil untuk bermain cilukba, maka ia akan mempelajari🧠 apa yang Anda katakan, sehingga lama-kelamaan ia akan bisa ikut berseru “ba” ketika Anda mengatakan “ciluk”.

✔️Mendorong kemampuan sosial

Dengan bermain cilukba, bayi akan mengembangkan kemampuan sosialnya. Hal ini karena terdapat saat bayi berkontak mata👀 ketika bersosialisasi dengan orang lain.