post-title

Bayi gumoh lewat hidung!

Gumoh biasanya terjadi saat isi lambung kembali ke kerongkongan dan dikeluarkan melalui mulut. Namun gumoh juga dapat terjadi lewat hidung👃. Apa yang menyebabkan bayi gumoh lewat hidung? Apakah hal ini berbahaya?


Berbahayakah bayi gumoh melalui hidung?

📌Kondisi gumoh lewat hidung yang tidak wajar

Kerongkongan terhubung dengan hidung yang dapat membuat gumoh keluar dari hidung. Karena itu, hal ini sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Tetapi, gumoh lewat hidung dapat dikatakan tidak wajar ketika bayi terlihat kesakitan dan menangis😭.

💭Waspada apabila gumoh disertai dengan gejala berikut!

Anda sebaiknya waspada apabila gumoh bayi berwarna hijau maupun kekuningan, gumoh sangat kuat sampai bayi muntah🤮, bayi susah bernapas. Bayi menolak untuk menyusu, berat badan sulit naik karena seringnya gumoh, dan feses bayi yang berdarah juga merupakan tanda yang harus Anda waspadai.


Apa yang menyebabkan bayi gumoh lewat hidung?

✨Katup yang belum berkembang sempurna

Katup yang menghubungkan kerongkongan dengan perut belum berkembang sempurna pada bayi. Karena itu, jika bayi menelan terlalu cepat atau Anda menyusuinya🤱 terlalu cepat, hal ini dapat menyebabkan bayi mengalami gumoh melalui mulut ataupun hidung.

🍽️Alergi pada makanan atau minuman tertentu

Bayi yang mempunyai alergi terhadap makanan atau minuman tertentu yang ibu konsumsi dapat membuatnya gumoh lewat mulut👄 ataupun hidung. Alergen ini ikut terserap ke dalam ASI yang menyebabkan bayi gumoh ketika mengonsumsinya.


Tips atasi bayi yang gumoh lewat hidung!

💨Bantu bayi untuk bersendawa

Membantu bayi untuk bersendawa🌬️ dapat membantu mengatasi gumoh. Bersendawa membantu membatasi penumpukan udara dalam perut si kecil.

🍼Susui bayi sebelum ia kelaparan

Usahakan untuk menyusui🤱 bayi sebelum ia kelaparan guna mencegahnya menyusu dengan terburu-buru. Selain itu, posisikan bayi tegak ketika menyusui untuk membantunya mencerna susu dan mencegah bayi gumoh.