post-title

Apa itu cooing?

Pernahkah Anda mendengar istilah cooing? Cooing merupakan tahap awal dalam perkembangan bahasa bayi yang sangat penting. Sejak kapan bayi mulai cooing💭? Yuk, mengenal lebih dalam yang dimaksud dengan cooing!


Apa yang dimaksud dengan cooing?

📌Cooing? Berbeda dengan babbling!

Cooing merupakan perilaku spontan bayi guna mengomunikasikan kebutuhan dan perasaannya. Di tahap cooing bayi mengeluarkan suara yang terdiri dari satu suku kata, contoh cooing yaitu “coo”, “aaa”, “eee”, “ooo” saat bayi menguap😴 atau menangis.

Sedangkan babbling adalah tahap lanjut dari cooing. Saat bayi melakukan babbling, mereka akan menggunakan suku kata berulang, contohnya “ba-ba”, “ma-ma”.

✔️Kapan bayi mulai melakukan cooing?

Bayi biasanya mulai melakukan cooing pada usia 2-3 bulan. Sebelumnya pada usia 0 bulan bayi hanya dapat menangis😭 untuk mengomunikasikan rasa lapar atau ketidaknyamanannya. Namun, di usia 2-3 bulan ini si kecil sudah dapat tersenyum, merespons suara, bahkan meniru ekspresi wajah Anda.


Manfaat cooing bagi bayi!

👶Memahami keinginan bayi

Anda akan dapat lebih memahami apa yang bayi Anda butuhkan lewat cooing yang si kecil lakukan. Dengan cooing, bayi mencoba mengomunikasikan rasa lapar🍼, senang, sakit, dan berbagai perasaan lainnya.

✨Perkembangan bahasa dan keterampilan

Saat bayi sudah mulai cooing, hal ini menandakan keterampilan komunikasi bayi telah berkembang😊. Cooing berguna untuk mempersiapkan si kecil untuk belajar bahasa.


Adakah cara untuk mendorong bayi melakukan cooing?

❤️Membiasakan bayi untuk berkomunikasi dua arah

Anda dapat memulainya dengan memberikan bayi pertanyaan sederhana, kemudian tunggu respons bayi Anda dan berikan kembali jawaban. Dengan membiasakan hal ini akan membantu bayi untuk meniru komunikasi dua arah👀.

📙Membacakan si kecil cerita

Anda dapat membacakan si kecil cerita untuk mendorong perkembangan bahasanya🧠. Lewat cerita, ia dapat mendengar kosakata baru dan kalimat yang ekspresif.


Apa saja tahapan perkembangan bahasa bayi berdasarkan usianya?

📝Bayi 0-3 bulan

Bayi berusia 0-3 bulan mulai mengenali suara Anda dan tersenyum😉 saat Anda mengajaknya berbicara. Bayi mulai mengeluarkan suara cooing dan menangis saat merasa tidak nyaman.

🌸Bayi 4-6 bulan

Bayi mulai babbling (mengoceh) dan mengeluarkan suara seperti sedang memainkan cairan di dalam mulutnya👅. Bayi juga sudah mulai menggunakan suaranya untuk mengekspresikan perasaannya.

🍃Bayi 7-12 bulan

Bayi yang telah menginjak usia 7-12 bulan akan mulai mengenali kata untuk barang tertentu, misalnya “mata”. Bayi sudah mulai mengerti perintah sederhana dan menoleh saat dipanggil. Bayi sudah mulai meniru👄 ucapan Anda dan memutar badannya ke arah sumber suara.