post-title

Kenali Hashimoto, penyakit autoimun bayi

Penyakit Hashimoto atau yang disebut juga dengan Pediatric Thyroiditis merupakan penyakit autoimun, yaitu sistem imun✨ berbalik melawan jaringan tubuhnya sendiri. Penyakit Hashimoto yang menyerang bayi biasa disebut dengan hipotiroid kongenital. Mari simak bahasan mengenai penyakit Hashimoto berikut ini.


Apa saja faktor penyebab munculnya penyakit Hashimoto?

💡Faktor hormon

Perempuan biasanya lebih banyak terserang penyakit ini daripada laki-laki. Perempuan juga mempunyai masalah tiroid selama satu tahun sesudah mempunyai bayi👶.

✔️Faktor genetik

Faktor genetik juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit Hashimoto. Bayi yang terserang penyakit ini biasanya memiliki anggota keluarga💑🏽 yang menderita gangguan autoimun atau penyakit tiroid.


Gejala penyakit tiroid Hashimoto dan cara menanganinya

🍃Gejala tiroid Hashimoto

Bayi atau orang yang terserang penyakit tiroid Hashimoto akan mengalami gejala ringan di awal dan biasanya perlu waktu bertahun-tahun hingga penyakit ini berkembang. Gejala awal dari Hashimoto adalah pembesaran tiroid yang membuat bayi sulit untuk menelan sesuatu. Selain itu, mual🤢, berat badan sulit untuk naik, detak jantung melambat adalah gejala lain dari Hashimoto.

📌Cara menangani penyakit Hashimoto

Untuk bayi yang baru lahir, Anda bisa meminta dokter untuk melakukan skrining hipotiroid kongenital (SHK). Bayi yang terdeteksi positif akan menerima intervensi dini berupa penyuntikan👩‍⚕️ lipiodol dan sulih hormon.

Apabila Anda baru melihat bayi Anda mengalami gejala hipotiroidisme sesudah pulang dari rumah sakit🏥, Anda sebaiknya menghindari memberikan bayi susu formula terutama susu kedelai, dan segera membawa si kecil ke dokter.