post-title

Hal ini bikin perut bayi kembung!

Perut kembung merupakan salah satu hal yang sering terjadi pada bayi. Ada bayi yang mudah kembung, ada juga yang tidak. Hal apa saja yang membuat bayi kembung🌬️?


Tanpa Anda sadari, hal-hal ini bisa membuat bayi Anda mudah kembung lho!

🍲Porsi makan yang terlalu banyak

Bayi yang dalam satu kali makan porsinya terlalu banyak perutnya akan kembung. Hal ini karena semakin banyak makanan yang perlu dicerna, semakin banyak pula gas yang lebih susah😞 untuk dibuang.

👶Bayi makan sayuran tertentu

Sayuran tertentu cenderung membuat perut kembung. Sayuran tersebut diantaranya adalah kol, brokoli🥦, dan kacang.

😭Bayi menangis terlalu lama

Bayi yang menangis dalam waktu yang lama perutnya akan kembung. Banyaknya udara yang masuk lewat mulut👄 ketika ia menangis masuk ke dalam saluran pencernaannya.

🚗Bayi makan sambil bermain

Bayi yang makan ataupun minum sambil bermain cenderung menelan makanan dengan lebih cepat. Hal ini menyebabkan makin banyak udara💨 yang ikut tertelan yang masuk ke dalam lambung.


Kiat tangani bayi yang kembung!

🥄Hindari menunggu bayi sampai terlalu lapar

Saat bayi sudah mulai memperlihatkan tanda awal lapar, segera beri si kecil makanan🍼. Menunggu sampai bayi kelaparan akan membuatnya kesal yang bisa meningkatkan jumlah gas di dalam perutnya.

✔️Bantu bayi untuk bersendawa

Sesudah bayi selesai makan atau menyusu, bantu bayi untuk bersendawa. Gendong dalam posisi tegak dan tepuk✋ dengan perlahan punggung si kecil.

🤏Pijat perut si kecil

Ketika bayi merasa kembung, cobalah memijat perutnya atau mengusap-usap punggung si kecil dengan lembut. Dengan melakukan hal ini, akan mendorong angin untuk keluar😊 dari dalam perut bayi.