post-title

Perbaiki Kebiasaan Tidur Bayi Berikut!

Sebagai orang tua baru, pastinya banyak hal baru yang harus dipelajari dalam merawat si kecil. Termasuk kebiasaan tidur si kecil, tahukah Anda, bahwa ada kebiasaan tidur🛏️ yang sebaiknya segera diperbaiki karena dapat berdampak pada perkembangannya.


Kebiasaan tidur bayi apa saja yang sebaiknya diperbaiki?  

🍼Hanya mengandalkan memberi susu di malam hari

Kebiasaan memberikan susu sebagai satu-satunya cara guna menidurkan bayi merupakan kebiasaan yang tidak baik jika umurnya sudah agak besar. Bayi mempunyai kebiasaan menyusu🤱 sebelum tidur karena nalurinya yang memang mudah lapar dan terbiasa menyusu sebelum jadwal tidurnya.

👶Menidurkan bayi di mana saja

Mungkin Anda pernah menidurkan bayi Anda di mobil🚗, kursi panjang, kereta dorong, atau sofa. Bayi yang tidur di lingkungan yang tidak dikenalnya biasanya sarafnya tidak rileks dan akan memperburuk moodnya. 

📝Jadwal tidur tidak konsisten

Menidurkan bayi Anda terlalu awal padahal ia sedang bermain, terlambat menidurkan padahal dia sudah kelelahan membuat jadwal tidurnya tidak konsisten. Jadwal tidur yang konsisten diperlukan agar si kecil mengantuk di jam⏲️ yang sama tiap harinya.


Kiat guna memperbaiki kebiasaan buruk tidur bayi!

✔️Usahakan untuk selalu tidur di kamar tidur si kecil

Usahakan selalu menidurkan si kecil di kamar tidur yang sudah dikenalnya. Namun jika harus bepergian, coba mengusahakan untuk pergi tidak pada waktu tidurnya, atau bawa guling kesukaan😉 bayi Anda ketika sedang bepergian.

🌙Pastikan bayi untuk tidak tidur terlalu larut

Bayi yang tidur terlalu larut malam biasanya akan merasa lebih lelah😢 dan lebih sering terbangun. Karena itu, usahakan agar bayi tidur pada waktu yang konsisten tiap harinya.

💭Kenali tanda mengantuk yang ditunjukkan bayi

Jika si kecil sudah mulai terlihat merengek, menggosok mata👀 maka biasanya ini merupakan tanda ia sudah mulai mengantuk. Biasanya bayi akan rewel ketika mengantuk karena hormon kortisol yang berkaitan dengan stres.