post-title

Hoaamm.. Kenapa bayi sering menguap?

Sama seperti pada orang dewasa, bayi juga akan menguap ketika mengantuk. Tetapi apakah Anda pernah melihat bayi Anda lebih sering menguap😴 daripada biasanya? Bahkan ketika bayi sudah tidur dengan cukup. Kenapa ya?


Mengapa si kecil sering menguap?

🌬️Mendinginkan tubuh

Saat mengantuk biasanya bayi akan menguap. Tapi, tidak hanya ketika mengantuk, bayi bahkan juga menguap saat bangun tidur. Hal ini normal😉 karena ia sedang mendinginkan tubuhnya.

☀️Merasa bosan, hawa panas

Bayi yang sedang merasa bosan, kelelahan, terlalu mengantuk akan menjadi lebih sering menguap👄. Selain itu, hawa panas juga dapat menyebabkan si kecil jadi sering menguap.


Kondisi lain yang mendasari bayi menguap secara berlebihan

⚖️Berat badan bayi berlebih

Bayi yang berat badannya berlebih atau obesitas biasanya juga akan menguap secara berlebihan. Karena itu, jika si kecil menguap terlalu sering dalam 1 menit⏲️, sebaiknya Anda membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

📝Masalah medis

Walaupun jarang terjadi, bayi yang terlalu sering menguap dapat mengindikasikan adanya masalah medis. Masalah medis tersebut diantaranya, stres, epilepsi, migrain⚡, maupun multiple sclerosis. Bayi menguap karena kondisi medis tersebut membuat suhu inti tubuhnya meningkat.


Solusi mengatasi bayi yang sering menguap

🛏️Pastikan bayi tidur dengan cukup

Usahakan agar bayi tidak tidur terlalu larut di malam hari🌙. Selain itu, jam tidur yang konsisten setiap hari juga dapat membantu membuat pola tidur bayi menjadi lebih teratur.

✔️Atur suhu ruangan

Pastikan suhu🍃 kamar bayi tidak terlalu panas. Hal ini karena hawa yang panas membuat bayi lebih sering menguap.