post-title

Bayi bisa jerawatan?

Tidak hanya remaja atau orang dewasa yang bisa berjerawat, jerawat juga bisa timbul pada bayi. Terdapat berbagai penyebab bayi berjerawat. Mari mengenali penyebabnya agar Anda bisa mencegah maupun mengatasi jerawat pada si kecil👶 dengan tepat.


Apa itu jerawat bayi?

💭Kapan jerawat bayi muncul?

Jerawat bayi biasanya muncul ketika bayi berusia 4 hingga 6 minggu📅 ataupun beberapa hari sesudah lahir. Tetapi, ada juga beberapa bayi yang lahir dengan jerawat. Jerawat bayi sering disebut juga dengan jerawat neonatal.

📌Bentuk jerawat bayi

Bentuk jerawat bayi sama dengan jerawat pada umumnya, yaitu bintik atau benjolan kecil yang berwarna putih kemerahan dengan kulit meradang⚡ di sekelilingnya. Biasanya jerawat timbul pada bagian dahi, pipi, dagu, atau punggung bayi.

📝Apakah jerawat bayi bisa hilang dengan sendirinya?

Jerawat bayi biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari atau minggu. Tetapi, kadang-kadang ada juga jerawat bayi yang perlu waktu⏲️ hingga beberapa bulan sampai menghilang.


Kenapa bayi bisa jerawatan?

🦠Adanya pertumbuhan bakteri pada kulit

Flora normal kulit merupakan bakteri normal yang terdapat pada kulit. Tetapi, jika terdapat sumbatan di pori-pori kulit, atau jika kulit terlalu berminyak☹️, hal ini dapat membuat bakteri tumbuh dengan subur yang menyebabkan munculnya jerawat.

🍼Susu formula

Susu formula mengandung bahan aktif yang dapat menjadi penyebab bayi berjerawat. Sisa susu yang menempel di wajah atau mulut👄 bayi ketika dimuntahkan bisa menyebabkan munculnya jerawat.

✨Pengaruh hormon

Hormon androgen dapat menjadi penyebab bayi berjerawat. Hal ini biasanya terjadi pada bayi laki-laki dan diatas umur 3 bulan. Selain itu, ketika bayi berada di dalam rahim atau sedang menyusu🤱, bayi bisa terkena pengaruh hormon maternal ibu yang menyebabkan munculnya jerawat.


Solusi atasi jerawat pada bayi!

🤏Hindari menyentuh apalagi memencet jerawatnya

Menyentuh jerawat si kecil dapat membuat bakteri yang terdapat di jerawat menjadi tumbuh lebih banyak. Selain itu, menyentuh jerawat bayi dapat mempengaruhi kelenjar minyak yang membuat produksi minyak alami🪔 wajah menjadi berlebih. Minyak ini menyebabkan jerawat si kecil tambah parah bahkan bisa membuatnya bruntusan.

🧴Hindari mengoleskan losion

Mengoleskan losion secara sembarangan di wajah atau kulit bayi dapat menyebabkan jerawat bayi bertambah parah. Selain itu, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak bisa menyumbat pori-pori kulit si kecil. Pilih produk perawatan kulit bayi yang tidak mengandung minyak, atau berlabel non komedogenik🍃 yang tidak menyumbat pori-porinya.