post-title

ASI bisa obati mata bayi belekan?

Mata bayi belekan adalah salah satu penyakit yang rentan dialami oleh bayi. Ada yang bilang mata bayi belekan dapat diobati dengan ASI🤱. Benarkah hal ini?


Benarkah mata bayi yang belekan bisa disembuhkan dengan ASI?

☁️Mata belekan bayi dapat diobati dengan tetesan ASI?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of California, meneteskan ASI pada mata bayi yang belekan dapat memasukkan bakteri🦠 baru ke dalam mata yang bisa menimbulkan infeksi serius lain pada mata.

📌ASI bukan antibiotik

ASI memang mempunyai efek kecil pada beberapa jenis bakteri. Namun, ASI tidak bekerja sebaik kerja antibiotik. Karena itu, hindari meneteskan ASI pada mata👀 bayi.


Bagaimana cara mengobati mata bayi yang belekan?

💡Konjungtivitis gonokokus dan konjungtivitis inklusi

Untuk mengobati mata bayi belekan jenis konjungtivitis gonokokus, dokter akan memberikan antibiotik intravena (IV). Sedangkan untuk konjungtivitis inklusi dokter👩‍⚕️ akan memberi antibiotik oral.

🦠Konjungtivitis bakteri dan virus

Konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri selain Neisseria gonorrhoeae dan Chlamydia trachomatis biasanya diobati dengan obat tetes atau salep antibiotik. Untuk mengobati konjungtivitis bakteri dan virus, Anda dapat memberikan kompres hangat pada mata si kecil guna meredakan iritasi⚡ dan pembengkakan.

✨Konjungtivitis kimiawi

Konjungtivitis jenis ini disebabkan karena iritasi kimiawi sehingga tidak diperlukan pengobatan. Biasanya bayi baru lahir akan membaik😊 dalam waktu 24 sampai 36 jam.

✋Jangan lupa mencuci tangan!

Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum maupun sesudah mengobati mata bayi. Anda juga dapat membersihkan mata si kecil dari belek dengan mencelupkan bola kapas ke dalam air🌊 hangat lalu menyapukannya dari bagian sudut mata bagian dalam ke arah luar.