post-title

Apa itu spasme infantil?

Pernahkah Anda mendengar istilah spasme infantil? Spasme infantil merupakan jenis epilepsi✨ pada bayi. Apa saja penyebab bayi mengalami spasme infantil dan bagaimana mengobatinya?


Mengenal lebih dalam spasme infantil

💡Spasme infantil? Kondisi apa itu?

Spasme infantil merupakan kondisi gangguan otak yang parah atau ensefalopati epilepsi yang merusak otak🧠. Biasanya bayi yang mengalami kondisi ini mengalami gejala pada usia 4-6 bulan.

💭Apa saja gejala spasme infantil?

Bayi yang mengalami spasme infantil biasanya punggungnya melengkung, mata👀 berputar, melebar dan berkedip, tubuh kaku secara tiba-tiba selama kejang. Selain itu, bayi tidak tersenyum, tidak bisa dihibur, dan interaksinya berkurang.


Penyebab dan cara mengobati spasme infantil

✍🏻Penyebab spasme infantil

Faktor genetik biasanya merupakan penyebab yang paling umum. Selain itu, faktor lain seperti gangguan metabolisme☹️, cerebral palsy, anomali pembuluh darah pada otak, malformasi otak, cedera otak, kelainan genetik, dan infeksi seperti meningitis juga bisa menyebabkan spasme infantil.

📝Cara mengobati spasme infantil

Berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Neurology dan Child Neurology Society, suntikan ACTH dilakukan sebagai pengobatan👩‍⚕️ awal. Pengobatan ini dilakukan selama 6 minggu, dan biasanya sebagian besar bayi mengalami penghentian total kejang dan peningkatan hasil EEG sesudah pengobatan.