post-title

Kebiasaan buruk dalam merawat bayi

Berbagai kebiasaan buruk saat merawat bayi yang Anda tidak sadari dapat berdampak buruk bagi si kecil dan diri Anda🤱. Apa saja kebiasaan buruk tersebut dan apa saja solusinya?


Berikut kebiasaan buruk yang Anda tidak sadari

🏠Suasana rumah terlalu hening

Para ibu baru biasanya menyangka bayi memerlukan lingkungan yang hening dan tenang saat tidur. Padahal hal ini tidaklah benar, karena ketika di dalam rahim, bayi telah mendengarkan suara yang lebih berisik, yaitu suara aliran darah💖, dan detak jantung. Malah Anda yang akan kerepotan jika berusaha untuk terus mempertahankan suasana hening.

👶Terus menimang bayi hingga tertidur

Terus menimang bayi sampai tertidur mungkin dilakukan oleh banyak orang tua. Namun hal ini tidak hanya membuat diri Anda lelah😞, tapi si kecil juga jadi tidak belajar cara untuk menenangkan dirinya sendiri sampai tertidur.

🍼Bergantung pada empeng

Terlalu bergantung pada empeng hingga membuat bayi terlalu sering mengisapnya akan memiliki banyak efek negatif. Bayi akan sulit untuk melepaskan diri dari empeng, dapat menyebabkan masalah pada gigi🦷, bahkan membuat bayi terlambat berbicara.


Cobalah melakukan solusi berikut!

😉Bayi sebenarnya dapat menenangkan dirinya sendiri

Apabila bayi tidak bisa tidur, ia bisa menenangkan dirinya sendiri. Bayi akan memejamkan matanya, mengisap jempol, lalu memeluk selimutnya.

Jika bayi terbiasa tidur di suasana rumah yang hening, Anda dapat mengubah kebiasaan ini secara perlahan dengan cara menyetelkan rekaman suara seperti deburan ombak🌊. Sesudah si kecil terbiasa dengan suara-suara seperti itu, Anda dapat mengalihkannya pada suara musik yang dipasang agak pelan.

🧸Tawarkan untuk menukar empeng dengan mainan lain

Anda dapat menawarkan si kecil untuk menukar empengnya dengan mainan lain. Selain itu, Anda juga dapat meminta si kecil untuk memberikan empengnya kepada adiknya yang akan lahir atau kepada teman Anda yang sedang hamil🤰.

👀Letakkan bayi di boks setelah matanya terlihat mengantuk

Membiasakan si kecil untuk tidur sendiri semenjak dini adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Anda dapat segera menaruh bayi di dalam boksnya jika matanya sudah terlihat mengantuk setelah menimang-nimangnya sebentar. Hindari menimang bayi sampai ia terlelap😴.