post-title

Rentang usia anak duduk di stroller

Penggunaan stroller dapat memudahkan orang tua saat membawa si kecil keluar rumah🏠. Namun terdapat rentang usia yang sebaiknya diketahui orang tua saat menggunakan stroller untuk si kecil.


Mulai usia berapa sampai berapa anak boleh duduk di stroller?

💭Bayi boleh duduk di stroller mulai usia?

Ketika bayi berusia 4 bulan, ia telah mempunyai kontrol kepala yang cukup baik dan bisa duduk🪑 tegak dalam waktu yang lama. Karena itu bayi sudah mulai bisa duduk di stroller mulai usia 4 bulan.

✋Kapan penggunaan stroller harus dihentikan?

Meskipun tidak ada rekomendasi khusus mengenai rentang usia anak menggunakan stroller, namun American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan penggunaan stroller untuk dibatasi pada anak yang usianya lebih kecil dan memiliki batasan penggunaan pada anak-anak dengan usia 4-6 tahun🗓️.

Karena itu, dapat disimpulkan penggunaan stroller harus dihentikan jika anak telah menginjak usia lebih dari 3 tahun. Terdapat berbagai alasan yang mendasarinya, dari faktor kesehatan hingga pertumbuhan✨ dan perkembangannya.


Perhatikan hal berikut ini ketika memilih stroller!

✔️Mudah untuk dibawa dan kokoh

Pilih stroller yang mudah dibawa dan memiliki rangka yang kokoh. Pastikan juga stroller dapat berbelok dengan baik saat bayi👶 berada di dalamnya maupun tidak.

📝Mempunyai sabuk pengaman

Sabuk pengaman merupakan hal yang penting dari stroller. Pastikan stroller memiliki sistem penguncian🔑, rem, dan kemudi yang mudah.


Dampak menggunakan stroller secara berlebihan

😢Anak tidak mampu mengembangkan kemampuan fisiknya

Jika anak terlalu sering menggunakan stroller, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan fisiknya, terutama tahapan berjalan🚶‍♀️. Anak tidak mampu mengembangkan kondisi yang dibutuhkan untuk berjalan dengan benar.

🌺Kesempatan menjelajahi lingkungan sekitar menjadi terbatas

Usia di bawah 2 tahun adalah periode emas bayi dalam mengembangkan otaknya🧠. Terlalu sering berada di dalam stroller ketika bepergian keluar rumah membuat kesempatannya untuk menjelajahi lingkungan menjadi terbatas.


Cara aman menggunakan stroller

😊Pastikan telah memasang sabuk pengaman

Selalu pastikan sabuk pengaman telah terpasang dengan baik. Selain itu, pastikan rem💨 roda juga berfungsi dengan baik setiap Anda menghentikan stroller.

😫Hindari meninggalkan bayi sendirian

Jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di strollernya tanpa pengawasan. Dan jangan menaruh selimut tambahan ataupun bantal untuk mencegah risiko bayi mati lemas🌬️.

👜Hindari menggantung tas pada pegangan stroller

Menggantung tas atau keranjang pada pegangan stroller berbahaya karena bisa membuat stroller terbalik. Selain itu, hindari membebani⚖️ ruang penyimpanan stroller.