post-title

Kapan bayi boleh pakai sunblock?

Tahukah Anda, bayi juga perlu memakai sunblock lho. Berikut bahasan selengkapnya mulai kapan si kecil boleh memakai sunblock🧴 hingga tips dalam memilih sunblock yang aman baginya!


Mulai kapan bayi sudah boleh memakai sunblock?

 

💡Bayi boleh memakai sunblock mulai usia berapa?

Bayi sudah boleh mulai memakai sunblock dari usia 6 bulan. American Academy of Pediatrics (AAP) tidak merekomendasikan pemakaian sunblock bayi sebelum si kecil berusia 6 bulan🗓️.

📌Mengapa bayi butuh memakai sunblock?

Kulit bayi yang masih sensitif dari bahaya radiasi sinar UV matahari membuatnya perlu memakai sunblock. Kulit bayi yang terpapar sinar matahari☀️ secara langsung bisa rusak secara permanen. Jaringan kulit bayi belum terbentuk dengan matang yang menyebabkan pigmen bisa terlepas dari sel-sel kulit.


Lalu, bagaimana untuk bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan?

👒Memakai topi dengan lingkar tepian luar

Bayi di bawah 6 bulan bisa terlindungi dari paparan sinar matahari dengan cara memakai topi dengan lingkar tepian luar guna mencegah wajah dan leher terpapar sinar matahari langsung, dan tidak berada di luar rumah dari jam 10 pagi hingga 2 siang⏲️.

✔️Membuat peneduh untuk bayi

Anda dapat membuat peneduh untuk bayi👶 Anda ketika sedang berada di luar dengan menggunakan kain ringan guna melindunginya dari sinar matahari. Selain itu, berteduhlah di bawah atap jika terdapat atap di sekitar Anda.


Tips memilih sunblock yang aman bagi si kecil!

✨Memilih sunblock dengan SPF minimal 15 sampai 30

Pilihlah sunblock atau sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan sunblock yang bisa memberi perlindungan dari UVA dan UVB. Selain itu gunakan sunblock yang tidak mengandung alkohol ataupun berbau wangi🌸.

👶Memilih sunblock khusus bayi

Gunakan sunblock khusus bayi dan bebas dari bahan kimia☁️. Hindari mengoleskan bayi Anda sunblock untuk orang dewasa.

🌊Gunakan sunblock berbahan mineral

Pilih sunblock berbahan mineral dengan kandungan aktif titanium dioxide (bebas kandungan kimiawi). Juga pilihlah sunblock hypoallergenic (tidak menyebabkan alergi)🍃 dan telah teruji secara dermatologis.

🌬️Menggunakan sunblock waterproof

Gunakan sunblock waterproof karena mampu menahan air. Sunblock waterproof akan melindungi kulit bayi lebih lama karena lebih lama menempel dibandingkan sunblock non-waterproof😉.