post-title

Bayi tidak merangkak tapi langsung berjalan?

Para orang tua pastinya akan bangga melihat bayi mungilnya akhirnya sudah bisa merangkak. Namun, ada beberapa bayi yang melewati fase merangkak ini tapi malah langsung berjalan🚶‍♀️. Normalkah hal ini?


Wajarkah bayi yang langsung berjalan tanpa merangkak?

💡Apakah bayi bisa langsung berjalan tanpa merangkak?

Berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP) adalah hal yang normal bagi beberapa bayi yang langsung berjalan tanpa melewati fase merangkak. Sebagai alternatif, bayi menggeser badan atau pantatnya di lantai. Jadi, tidak perlu khawatir asalkan bayi belajar mengkoordinasikan tiap sisi tubuh dan menggunakan kaki🦵 dan lengannya dengan merata.

⚖️Bayi mengetahui keseimbangannya sendiri

Bayi yang melewati fase merangkak berarti bayi tersebut mengetahui keseimbangannya sendiri. Si kecil melewatkan satu tonggak perkembangan🎈 namun berkembang dalam perkembangan lain.


Tips melatih bayi untuk merangkak!

Jika Anda masih ingin mencoba melatih bayi Anda untuk merangkak, Anda dapat mencoba tips berikut ini.

✔️Letakkan bayi di tempat yang aman

Letakkan bayi di tempat yang aman baginya untuk merangkak. Letakkan berbagai mainan🚗 menarik di dalam ruangan untuk mendorong si kecil maju merangkak.

👶Ajak bermain sambil tengkurap

Anda dapat mengajak si kecil bermain sambil tengkurap. Hal ini dapat membantu si kecil😉 untuk mengembangkan kekuatan lengan, batang tubuh, dan punggung sebagai dasar baginya merangkak.

✋Hindari penggunaan baby walker

Menggunakan baby walker terlalu sering dapat mengganggu perkembangan otot si kecil. Selain baby walker, Anda sebaiknya mengurangi penggunaan bouncer, kursi🪑 bayi, gendongan. Hal ini berguna untuk memastikan bayi Anda memiliki banyak waktu untuk berlatih bergerak tanpa alat-alat tersebut.

📌Duduk di depannya sambil meletakkan mainan

Anda dapat duduk di depannya sambil meletakkan mainan kesukaan🧸 di depannya sejauh jangkauannya. Dengan melakukan hal ini, dapat mendorong bayi Anda untuk merangkak mencoba meraih mainannya.