post-title

Rambut bayi botak sebagian?

Ketika sedang bersama si kecil mungkin Anda pernah melihat rambut si kecil botak✨ pada beberapa bagian. Tidak perlu panik dulu, simak bahasannya berikut ini!


Rambut si kecil botak!

💡Benarkah rambut bayi bisa botak?

Benar bahwa rambut bayi bisa botak. Namun, hal ini adalah hal yang normal. Rambut bayi akan rontok mulai dari bulan kedua dan terus berlanjut sampai mereka menginjak usia 6 bulan atau lebih🗓️.

💭Setelah rontok, bagaimana kondisi rambut bayi yang baru?

Sesudah bayi kehilangan rambutnya maka akan tumbuh rambut baru yang memiliki tekstur berbeda, lebih ringan, dan berbeda dari warna aslinya. Hal ini karena rambut bayi baru lahir memang rapuh dan sangat halus😉.

📌Hal apa yang menyebabkannya?

Penurunan hormon pada bayi sesudah lahir dan posisi bayi saat tidur🛏️ dapat menyebabkan rambut bayi botak sebagian. Berbaring setiap saat pada posisi yang sama membuat adanya tekanan pada area tertentu di kepala si kecil yang membuat botak. Selain itu, sesudah lahir, bayi juga mengalami penurunan hormon yang menyebabkan kebotakan.


Cegah kebotakan pada bayi Anda dengan cara berikut ini!

👶Letakkan kepala bayi bergantian

Letakkan sisi kepala bayi bergantian ketika ia tidur. Hal ini untuk mencegah satu area di kepala memiliki terlalu banyak tekanan⚡ yang membuat kepala si kecil botak.

📝Waspadai cradle cap

Cradle cap merupakan sedikit kulit kering yang menyerupai ketombe ataupun bercak lebih besar dan berwarna kemerahan pada kulit kepala bayi. Anda dapat lebih sering mencuci🌊 kepala bayi dengan handuk basah lalu hilangkan serpihan kulit-kulit kering tersebut dengan sikat yang lembut.

🧴Pastikan memakai produk sampo khusus untuk bayi

Pastikan untuk memakai produk sampo, sabun, ataupun deterjen untuk mencuci pakaian👚 si kecil mengandung bahan yang aman untuk bayi. Hindari menggunakan produk yang mengandung pewangi, alkohol, dan zat pewarna.

⏲️Perbanyak waktu untuk tummy time

Memperbanyak waktu tummy time (tengkurap) bagi si kecil saat ia sedang tidak tidur😴 dapat membantu mencegah kebotakan. Selain itu, Anda juga dapat menggendongnya guna mengurangi gesekan pada kepalanya yang dapat membuat botak.