post-title

Mengapa bayi suka menarik rambut ibunya?

Bayi mempunyai berbagai kebiasaan yang unik, misalnya suka menggigit, bercermin, atau menarik-narik rambut👩‍🦱 Anda. Semua yang dilakukan si kecil bukan tanpa alasan. Yuk, kenali apa yang membuat bayi suka menarik-narik rambut ibunya.


Normalkah bayi senang menarik-narik rambut ibunya?

✔️Proses perkembangan motorik halus

Bayi sering menarik-narik rambut Anda adalah hal yang normal. Hal ini biasanya muncul dari usia 7-8 bulan🗓️. Menarik-narik rambut adalah salah satu proses perkembangan motorik halus bayi.

🤓Mempelajari ekspresi

Menarik-narik rambut juga merupakan cara bayi mempelajari ekspresi. Jika ketika bayi menarik rambut Anda dan Anda tertawa😊 maka bayi akan menarik kesimpulan bahwa tindakannya menarik-narik rambut Anda adalah hal yang tidak salah dan wajar.

Sebaliknya, apabila Anda meringis kesakitan, maka bayi akan menarik kesimpulan dan paham bahwa tindakannya adalah hal yang tidak baik.


Cara atasi kebiasaan bayi yang menarik-narik rambut

📌Menurunkan dari gendongan

Ketika bayi sedang menarik rambut Anda, Anda dapat membuka dan melepaskan genggaman tangan✋ bayi dari rambut Anda. Lalu, turunkan bayi dari gendongan sambil palingkan wajah Anda. Dengan melakukan hal ini bayi juga dapat memahami bahwa Anda tidak menyukai apa yang dilakukannya.

💭Beri respon verbal yang jelas

Anda dapat memberikan bayi respon verbal dengan jelas. Hal ini berguna untuk menunjukkan dengan jelas👀 bahwa hal yang dilakukannya tidaklah baik. Anda dapat mengatakan "Jangan" atau "Tidak" dengan jelas.


Apabila si kecil masih senang menarik-narik rambut setelah umur 1 tahun

👶Bayi sedang berusaha mengungkapkan emosinya

Jika si kecil telah berusia 1 tahun namun ia masih sering melakukan kebiasaan ini, maka bisa jadi ia tengah menunjukkan emosinya. Bisa jadi si kecil sedang merasa tidak nyaman☹️ dan kesal.

📙Ajarkan kata-kata untuk mengungkapkan emosi

Anda bisa mengajarkan si kecil kata-kata untuk mengungkapkan emosinya. Contohnya, Anda dapat mengatakan "Dedek (atau panggilan lain) lagi kesal ya". Dengan melakukan hal ini maka si kecil akan belajar🧠 untuk menggunakan kata-kata tersebut dibanding menarik-narik rambut Anda.