post-title

Plok..Plok..Plok.. Kapan bayi bertepuk tangan?

Gemas rasanya saat melihat bayi bertepuk tangan sambil tertawa lebar. Tahukah Anda bahwa bertepuk tangan👏 juga merupakan salah satu pencapaian bayi yang penting lho.


Mulai kapan bayi bertepuk tangan?

💭Kapan bayi mulai bisa bertepuk tangan?

Biasanya bayi sudah mulai bisa bertepuk tangan ketika menginjak usia 9 bulan. Bayi sudah mulai bisa tepuk tangan ketika ia sudah bisa duduk, menarik dan mendorong tubuhnya dengan tangan✋, dan belajar merangkak.

📌Bagaimana jika bayi terlambat untuk tepuk tangan?

Jika bayi Anda belum bisa bertepuk tangan di usia 9 bulan, Anda tidak perlu khawatir. Setiap bayi mempunyai kecepatan tumbuh kembangnya masing-masing😊. Namun jika si kecil telah menginjak usia 1 tahun tapi masih belum bisa tepuk tangan, Anda dapat mengkonsultasikan hal ini dengan pakar tumbuh kembang.


Bayi bertepuk tangan ternyata ada alasannya lho!

👶Ingin berkomunikasi

Bertepuk tangan juga merupakan cara bayi untuk berkomunikasi. Pada awalnya, bayi bertepuk tangan karena meniru orang di sekitar mereka, tetapi semakin mereka bertumbuh besar, mereka akhirnya paham🤓 bahwa dengan bertepuk tangan, mereka dapat menyampaikan perasaan mereka.

✨Kemampuan motorik si kecil berkembang

Aktivitas yang melibatkan gerakan tangan, contohnya mengambil🤏 benda, melambaikan, menunjuk dengan tangan, mengedarkan benda dari satu tangan ke tangannya yang lain adalah pencapaian besar bayi dalam satu tahun awal kehidupannya. Bertepuk tangan juga merupakan bagian dari perkembangan alami keterampilan motorik kasar dan halus bayi ini.

🔑Mengekspresikan pencapaiannya

Bayi merupakan pengamat yang jeli dan bisa mempelajari sebab akibat dari pengamatannya yang berulang. Jika Anda sering bertepuk tangan saat si kecil berhasil melakukan sesuatu hal, maka ia akan memahami bahwa bertepuk tangan👏 merupakan bentuk dari tanda keberhasilan, sehingga ia akan bertepuk tangan saat merasa berhasil mencapai sesuatu.


Tips untuk mendorong bayi untuk bertepuk tangan

💨Tepuk tangan dengan kecepatan yang bervariasi

Bayi menyukai hal-hal yang tidak terduga😉. Anda dapat memperagakan gerakan bertepuk tangan dengan kecepatan yang bervariasi agar bayi terdorong untuk ikut mengikuti.

🚗Bermain permainan

Anda dapat melatih bayi Anda untuk bertepuk tangan dengan mengajaknya bermain permainan yang melibatkan gerakan tangan. Anda dapat sambil menyenandungkan lagu🎵 atau memasang lagu yang menyenangkan agar ia semakin tertarik.