post-title

Lingkaran hitam di bawah mata bayi?

Lingkaran hitam di bawah mata kerap ditemukan pada orang dewasa. Karena itu, Anda pasti khawatir jika si kecil mempunyai lingkaran hitam di bawah matanya padahal ia masih bayi👶. Tenang dulu, mari simak bahasannya berikut ini.


Apakah wajar bayi memiliki lingkaran hitam di bawah matanya?

👀Lingkaran hitam di bawah mata

Kulit yang terletak di sekitar kelopak mata disebut dengan kulit periorbital. Kantong mata hitam bisa disebabkan karena produksi melanin✨ di kulit sekitar mata yang tinggi.

✔️Normal ataukah tidak?

Memang bukanlah hal yang umum bagi bayi untuk mempunyai lingkaran hitam pada bawah mata. Tetapi Anda tidak perlu panik secara berlebihan. Sumbatan hidung👃 atau faktor genetik bisa menjadi salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah matanya.


Hal apa yang menyebabkan bayi mempunyai lingkaran hitam di bawah mata?

📌Faktor genetik

Faktor genetik berperan besar dalam hal apakah bayi memiliki lingkaran hitam di bawah mata. Apabila di dalam keluarga terdapat anggota keluarga🏠 yang mempunyai kantong mata gelap maka kemungkinan si kecil juga akan mempunyai kantong mata yang gelap.

☁️Bayi mempunyai alergi

Alergi dapat membuat kantong mata bayi berubah menjadi berwarna biru kehitaman. Alergi tersebut diantaranya infeksi bakteri🦠 pada sinus, dehidrasi, eksim, dan infeksi pernapasan.

🤏Kulit bayi yang tipis dan sensitif

Kulit bayi yang tipis dan sensitif membuat pembuluh darah di bawah kulit menjadi terlihat. Hal ini membuat bagian gelap dari kantong mata👀 menjadi lebih nampak.


Tips perawatan kantong mata hitam bayi

💡Jaga bayi dari penyebab alergi

Jauhkan bayi Anda dari penyebab alergi apabila alergi adalah penyebab dari lingkaran hitam di bawah matanya. Anda juga dapat membersihkan area mata si kecil dengan kain lap lembut yang telah dibasahi dengan air🌊 hangat guna memperlancar sirkulasi darah pada area sekitar matanya.

🛏️Pastikan si kecil cukup beristirahat

Pastikan bayi Anda cukup istirahat dan makan makanan yang bernutrisi🍴. Melakukan dua hal ini dapat membantu mencegah munculnya lingkaran hitam di bawah matanya.