post-title

Bayi suka melambaikan tangan ke ruang kosong?

Pernahkah Anda melihat si kecil melambaikan tangannya✋ ke ruangan kosong? Anda mungkin akan bingung dan merasa agak takut. Tidak ada siapa-siapa tapi kenapa si kecil melambaikan tangannya ya.


Bayi melambaikan tangan pada ruang kosong

📌Kapan bayi mulai melambaikan tangannya?

Bayi mulai melambaikan tangannya ketika menginjak usia kurang lebih 9 bulan🗓️. Namun hal ini tidak selalu sama pada setiap anak. Ada yang lebih awal, ada pula yang sesudah usia itu.

👻Bayi bukan melambaikan tangan ke hantu

Jangan khawatir karena bayi Anda bukan melambaikan tangannya pada hantu. Bayi belajar🤓 mengidentifikasi wajah manusia mulai umur 1 bulan sehingga mereka bisa melambai pada benda lain selain manusia. Hal ini karena pada awalnya mereka akan mencoba melambai pada banyak hal untuk menentukan mendapatkan respon balasan ataukah tidak.


Hal apa saja yang membuat bayi melambaikan tangannya?

😊Menemukan wajah yang dikenal

Ketika bayi melambaikan tangannya✋ lalu tersenyum maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa bayi menemukan wajah yang mereka rasa familiar. Hal tersebut juga bisa menjadi tanda bayi merasa gembira.

💭Bayi salah mengidentifikasi

Ketika bayi mulai bisa melambaikan tangannya, bayi juga bisa keliru pada gambar ataupun benda selain manusia. Si kecil berpikir objek tersebut terlihat👀 seperti wajah yang mereka kenal sehingga mereka melambaikan tangannya.

✨Bayi menunjukkan perkembangannya

Berdasarkan Sertoma Speech and Hearing Center, ketika bayi sedang melambaikan tangannya, hal ini berarti bayi sedang menunjukkan perkembangannya. Perkembangan tersebut diantaranya perkembangan otak🧠 utama dan keterampilan motorik beserta pemahaman yang dilakukan orang dewasa yang disebut dengan proses imitasi.

👩Dorong bayi untuk melambaikan tangannya

Anda dapat mendorong bayi Anda untuk belajar melambaikan tangannya dengan melakukannya terlebih dahulu. Contohnya, ketika ayah pergi🏠 bekerja Anda dapat melambaikan tangan di depan bayi Anda sehingga lama kelamaan ia akan meniru yang Anda lakukan.