post-title

Stranger anxiety pada bayi

Apakah bayi Anda sering menangis ketika bertemu dengan keluarga besar maupun orang lain? Hal ini pastinya membuat Anda bingung dan lelah karena harus selalu menenangkan bayi ketika menangis😭. Kondisi ini disebut dengan stranger anxiety atau rasa cemas terhadap orang asing.


Mengenal lebih dalam stranger anxiety

☁️Apa itu stranger anxiety?

Stranger anxiety merupakan sebuah fase emosional✨ yang normal dialami bayi. Bayi akan menangis saat didekati oleh orang yang tidak ia kenal.

💭Kapan biasanya bayi mengalami stranger anxiety?

Bayi biasanya mengalami kondisi ini ketika berusia 8 hingga 9 bulan. Ketika bayi berusia 9 bulan bayi sudah mulai takut kepada orang asing yang menyebabkan ia selalu ingin berdekatan dengan orang tuanya.

Tetapi, balita berusia 1-2 tahun juga dapat mengalami stranger anxiety. Mereka merasa bertemu dengan orang asing adalah sebuah ancaman menakutkan😖.


Tips atasi stranger anxiety bayi

🏠Berikan penjelasan kepada keluarga

Anda dapat menjelaskan kepada keluarga besar bahwa bayi👶 Anda sedang mengalami stranger anxiety guna mencegah orang lain tersinggung ketika bayi Anda menangis saat didekati. 

😉Menunggu dengan sabar

Bersabarlah saat menenangkan bayi Anda yang menangis😢 saat bertemu orang yang tidak ia kenal. Anda bisa mencoba meyakinkan si kecil dengan sabar bahwa orang lain bukanlah ancaman.


Kapan stranger anxiety biasanya menghilang?

🍃Stranger anxiety dapat hilang dengan sendirinya

Bayi umumnya mengalami stranger anxiety sampai berusia 2 tahun. Tetapi ada beberapa bayi yang dapat mengatasinya dengan lebih cepat💨 maupun lebih lambat.

👩‍⚕️Konsultasi dengan dokter

Anda dapat mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter🏥 jika bayi Anda menunjukkan ketakutan yang sangat kuat ketika bertemu orang asing. Bahkan jika ketakutan yang dialami masih tidak juga hilang walaupun tidak ada orang asing di sekitarnya.