post-title

Bayi masih pakai empeng?

Empeng sangat membantu orang tua ketika menenangkan bayinya yang rewel dan menangis. Tetapi bayi tidak akan selamanya memakai empeng👅. Kapan bayi harus sudah mulai berpisah dari empengnya?


Kapan waktu yang tepat bagi bayi untuk mulai berpisah dari empengnya?

⏲️Waktu yang tepat

Si kecil harus sudah dapat lepas dari empengnya sesudah berusia 3 tahun. Semakin cepat💨 si kecil bisa berpisah dari empengnya maka akan semakin baik.

💭Memengaruhi kemampuan bicara

Terus menggunakan empeng sesudah si kecil menginjak usia 3 tahun akan memengaruhi deretan giginya🦷 dan fungsi dari mulutnya. Selain itu, juga akan memengaruhi kemampuan bahasa dan bicaranya.


Bagaimana supaya bayi tidak ketergantungan dengan empeng?

⚡Efek ketergantungan empeng

Menggunakan empeng dapat meningkatkan risiko infeksi telinga👂 bagian dalam. Hal ini terjadi karena menyedot secara berulang membentuk kumpulan bakteri di dalam telinga bagian dalam si kecil.

✔️Batasi penggunaan empeng

Mulai batasi penggunaan empeng ketika si kecil telah menginjak usia 6 bulan🗓️. Alasannya, pada usia ini si kecil telah mulai banyak mengoceh dan berbicara.

💖Ajarkan anak untuk melatih emosinya

Untuk membantu mengurangi penggunaan empeng, Anda dapat mengajarkan si kecil untuk melatih emosinya. Ajarkan dia untuk mengatur pernapasannya🌬️ dengan cara latih anak untuk memegang perutnya dan merasakan gerakan di bagian tubuh tersebut.