post-title

Mata, kulit, rambut bayi berwarna pucat

Pernahkah Anda mendengar istilah albinisme? Kondisi albinisme bisa terlihat sejak bayi dilahirkan dengan ciri rambut dan kulit bayi yang berwarna putih🤍 pucat dan bola matanya berwarna terang. Mari kenali lebih dalam albinisme!


Apa yang dimaksud dengan albinisme pada bayi?

💡Apa itu albinisme?

Albinisme merupakan suatu kondisi kelainan genetik, yaitu bayi terlahir tanpa melanin atau hanya memiliki sedikit melanin pada kulitnya. Melanin berperan sebagai penentu warna kulit, mata👀, dan rambut.

⚡Kulit sensitif terhadap sinar matahari

Kulit bayi dengan kondisi albinisme mempunyai sensitivitas yang tinggi terhadap pengaruh sinar matahari☀️. Hal ini disebabkan oleh fungsi melanin kulit yaitu pelindung dari sinar UV matahari yang tidak dimiliki bayi dengan kondisi albinisme.


Gejala bayi mengalami albinisme

👀Kulit, bola mata, rambut yang berwarna pucat

Bayi dengan kondisi albinisme mempunyai bola mata biru cerah ataupun coklat terang. Kulit, bola mata, rambut, dan bulu tubuhnya juga berwarna terang ataupun pucat🤍.

✨Bola mata bergerak tidak wajar

Sesudah bayi berumur 3 sampai 4 bulan pergerakan bola mata yang tidak wajar ini baru akan terlihat jelas. Apabila bola mata si kecil bergerak ke arah yang sama ataupun berlawanan dengan frekuensi sering maka hal ini bisa jadi merupakan ciri dari nistagmus☹️. Namun, terdapat juga ciri komplikasi lain yaitu posisi bola mata berlawanan atau squint eye. 


Apa saja jenis-jenis albinisme?

📌Ocular Albinism (OA)

Ocular Albinism menyerang fungsi penglihatan😖 dan mengubah warna retina dan iris mata bayi. Albinisme jenis ini terjadi akibat dari hasil mutasi gen pada kromosom x dan sering terjadi pada bayi laki-laki.

📝Oculocutaneous Albinism (OCA)

Berdasarkan Healthline, 1 dari 70 orang mempunyai gen OCA yang bermutasi yang membuat OCA merupakan kasus albinisme paling umum. Bayi yang mengalami albinisme OCA mengalami masalah pada penglihatan dan keterbatasan pada pigmen kulit, rambut dan bola mata☁️.


Cara penanganan albinisme pada bayi

🏥Berkonsultasi dengan dokter

Albinisme tidak dapat disembuhkan sehingga penanganan akan berfokus pada solusi agar anak dapat beraktivitas normal dan tumbuh dengan sehat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ spesialis genetik, dokter mata, dan dokter kulit guna menentukan perawatan yang tepat bagi bayi Anda.

😎Memakai kacamata khusus

Pakaikan si kecil kacamata khusus yang bisa menangkal sinar matahari. Oleskan🧴 tabir surya khusus bayi dan jauhkan si kecil dari paparan sinar matahari langsung apalagi dalam jangka waktu yang lama.