post-title

Tidak semua bayi suka dikitik-kitik!

Semua orang tua pasti senang membuat bayinya tertawa. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan menggelitikinya. Walaupun si kecil tertawa ketika digelitik🤏, tapi apakah ia benar-benar menyukainya?


Mulai kapan bayi boleh digelitik?

🗓️Sebaiknya sesudah bayi berusia 6 bulan

Bayi sebaiknya digelitik sesudah menginjak usia 6 bulan. Hal ini karena setelah bayi berusia 6 bulan, ia dapat mengeluarkan suara untuk mengekspresikan ketidaknyamanan☹️ atau kebahagiaan.

💡Kapan bayi paham kitik-kitik?

Bayi yang masih sangat kecil sensitif✨ pada sentuhan, namun mereka hanya menganggapnya sebagai sentuhan yang biasa. Baru sesudah bayi berusia lebih dari 6 bulan, ia dapat mengasosiasikan kitikan dengan tawa.


Cara mengetahui si kecil tidak suka dikitik-kitik

✍🏻Hindari menggelitik si kecil saat kondisi berikut

Anda sebaiknya tidak menggelitik bayi Anda ketika ia sakit, mengantuk, tidur, sedang menyusu🤱, dan ketika berfokus pada hal lain. Selain itu hindari juga menggelitik bayi apabila bayi mempunyai kondisi medis tertentu.

💭Tanda bayi tidak suka dikitik-kitik

Bayi yang berusia lebih dari 6 bulan yang tidak suka dikitik-kitik biasanya akan mengekpresikan rasa tidak senangnya dengan cara mencoba menjauh dengan bergeser atau merangkak, mengeluarkan air mata😢, dan meringis. Selain itu, mereka juga akan berusaha menyingkirkan tangan yang menggelitiknya.