post-title

Bayi tidak demam tapi muntah?

Kesehatan anak pasti sangat diperhatikan oleh para orang tua terutama jika si kecil muntah-muntah🤮. Semua orang tua biasanya akan khawatir. Beberapa kasus muntah tidak disertai dengan demam. Apa saja penyebabnya?


Penyebab si kecil tiba-tiba muntah

😞Gastroenteritis

Gastroenteritis yang disebut juga dengan flu perut merupakan penyebab umum muntah pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini disebabkan oleh virus🦠 dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam seminggu. Gejala gastroenteritis diantaranya bayi mengalami siklus muntah yang datang-pergi selama 24 jam, mengalami diare ringan, dan kram perut.

👂Infeksi telinga

Infeksi telinga yang dialami anak juga dapat menyebabkan mereka merasa mual dan muntah tanpa disertai demam. Infeksi telinga menyebabkan anak merasa pusing dan kehilangan keseimbangan⚖️ sehingga mereka merasa mual.

👃Si kecil mengalami flu

Sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang membuat bayi masih rentan terkena pilek dan flu. Saat pilek, bayi juga dapat mengalami muntah🤢 tanpa disertai dengan demam. 

☀️Bayi kepanasan

Saat bayi kepanasan ia dapat mengalami dehidrasi🌬️. Suhu yang terlalu panas dapat membuatnya mengeluarkan banyak keringat, kelelahan, dan muntah.


Apa yang harus dilakukan jika si kecil muntah tanpa demam?

🌊Tetap pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Pastikan si kecil tetap terhidrasi dengan baik. Berikan si kecil air putih atau jus buah🍊 namun hindari memberikan susu.

🍽️Makan makanan yang tidak berlemak

Jika anak sudah siap untuk makan kembali, berikan makanan yang tidak berlemak, dan hambar. Contohnya berikan biskuit, nasi🍚, atau roti tawar.

🛏️Perbanyak waktu istirahat

Berikan waktu bagi si kecil untuk beristirahat. Selain itu tunggu sejenak sampai kondisi perutnya pulih jika ingin memberikan makan🍴.