post-title

Amankah bayi bermain dengan kucing?

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang disukai oleh banyak orang termasuk anak-anak. Namun, sebenarnya amankah bayi bermain dengan kucing🐈? Simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Berbagai manfaat si kecil bermain dengan kucing

🍃Menurunkan stres bayi

Bermain dengan kucing membuat bayi merasa senang dan nyaman. Bayi juga lebih aktif bergerak karena bermain dengan kucingnya🐱. Hal ini dapat membantu menurunkan stres bayi.

✨Menurunkan risiko alergi

Bermain dengan kucing juga dapat menurunkan risiko alergi pada bayi. Bakteri🦠 yang terdapat pada kucing dapat merangsang sistem kekebalan tubuh bayi yang membuatnya jadi tidak mudah sakit.


Risiko kesehatan yang dapat menghampiri

☹️Penularan infeksi

Kucing sering menjilati area kemaluan mereka sesudah buang air besar. Sesudah menjilati area ini, mereka akan menjilati👅 bulu-bulunya. Hal ini menyebabkan parasit Toxoplasma gondii menjadi sangat mungkin untuk menempel di tubuh kucing.

Jika si kecil mengelus-elus bulu si kucing yang telah terkontaminasi parasit ini dan memasukkan tangannya✋ ke dalam mulut, maka ia bisa terinfeksi toksoplasmosis. Selain toksoplasmosis, bayi juga bisa terkena infeksi dari cakaran kucing.

👄Menelan bulu kucing

Bulu kucing bisa rontok dimana-mana. Hal ini menyebabkan jika bayi tidak sengaja menelan bulu kecil dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan penyumbatan💨 pada saluran pencernaannya.

🌬️Gangguan pernapasan

Protein yang menempel pada bulu kucing dapat memicu asma pada anak. Bulu kucing juga bisa menjadi sarang jamur🍄, tungau, debu, dan hal lain pemicu reaksi asma.


Tips pelihara kucing dengan aman!

🛏️Jangan membuat bayi dan kucing tidur dalam satu kasur

Kucing bisa tidur di atas wajah atau tubuh bayi. Hal ini bisa membuat bayi kesulitan😢 bernapas yang dapat menyebabkan kematian.

📌Tetap meluangkan waktu bermain dengan kucing

Luangkan waktu untuk bermain dengan kucing. Hal ini berguna mencegah kucing merasa tersisih dan cemburu dengan kehadiran bayi Anda. Kucing yang cemburu bisa mencakar, atau menggigit bayi👶 Anda.