post-title

Susu soya bagi bayi yang alergi susu sapi

Beberapa bayi memiliki alergi terhadap susu sapi yang menyebabkan muntah, diare, dan ruam. Untuk mengatasi hal ini, orang tua dapat mengganti susu sapi🐮 dengan susu formula soya. Namun, Anda sebaiknya tidak sembarangan langsung memberikan si kecil susu soya. Berikut informasi mengenai susu soya bagi bayi.


Apakah aman memberikan bayi susu soya?

🥛Susu soya (susu kedelai)

Susu soya merupakan susu hasil ekstraksi kacang kedelai. Susu soya mengandung nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang bayi, yaitu vitamin, kalsium🦴, omega 3, omega 6, dan mineral.

✍🏻Bayi berusia kurang dari 6 bulan

Susu soya tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada bayi yang masih berusia kurang dari 6 bulan atau lahir secara prematur. Susu formula soya juga tidak dianjurkan diberikan pada bayi yang berisiko tinggi mempunyai alergi makanan dan tengah mengalami kolik✨.


Dampak memberikan bayi susu soya

📌Gangguan pada organ reproduksi bayi

Susu soya diolah dari kacang kedelai yang mengandung senyawa alami fitoestrogen yang menyerupai hormon estrogen. Karena itu, memberikan bayi susu soya dengan berlebihan diduga dapat memengaruhi perkembangan organ reproduksi bayi, yaitu bayi dapat berisiko😖 mengalami masalah tiroid dan pubertas dini.

🤏Meningkatkan risiko terjadi reaksi alergi

Memberikan bayi dibawah 6 bulan susu soya dapat meningkatkan risiko reaksi alergi kedelai di dalam tubuh bayi. Tanda-tanda alergi pada bayi yaitu diare, muntah🤮, rewel, ruam, dan pembengkakan pada bibir, lidah, wajah.


Manfaat susu soya pada bayi

☘️Membantu memperbaiki jaringan tubuh

Susu soya mengandung asam amino esensial yang berperan memperbaiki jaringan tubuh bayi. Kandungan vitamin A dan vitamin B yang terdapat pada susu soya juga baik bagi kesehatan mata👀, kulit, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

🧠Perkembangan otak

Susu soya mengandung asam lemak sehat omega 3, omega 6, dan DHA🐟 yang berperan dalam menunjang perkembangan otak bayi. Selain itu, omega 3 dan omega 6 juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir bayi.


Hal apa saja yang perlu diperhatikan saat memberikan susu soya pada bayi?

🍼Tingkatkan asupan kalsium

Jika Anda memberikan si kecil susu soya, pastikan untuk tetap meningkatkan asupan kalsiumnya. Hal ini karena susu soya mengandung zat alami phytate yang dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap💨 mineral dan kalsium.

✔️Pilih susu soya yang terbuat dari kedelai utuh

Saat memilih susu soya bagi si kecil, pastikan untuk memilih susu soya yang terbuat dari kedelai utuh. Selain itu, tetap penuhi asupan vitamin B12 bayi Anda, karena susu soya terbuat dari tanaman, sedangkan vitamin B12 hanya terkandung di dalam makanan hewani dan susu sapi🐄.