post-title

Bayi tidak mau dekat dengan ibunya!

Ibu dan bayi seharusnya memang memiliki ikatan batin yang kuat dibandingkan dengan orang lain. Namun, tahukah Anda, bahwa ada bayi👶 yang justru tidak mau dekat dengan ibunya? Jika terjadi hal ini, maka kemungkinan ia mengalami kondisi RAD atau reactive attachment disorder. Apa itu dan bagaimana mengatasinya?


Mengenal lebih dalam Reactive Attachment Disorder

✍🏻Apa yang dimaksud dengan Reactive Attachment Disorder?

RAD merupakan kondisi yang terjadi karena seorang anak biasa diabaikan secara fisik atau emosional, atau telah menjadi yatim piatu sejak kecil. Karena dirinya sering ditelantarkan, bayi menjadi anak yang senang mencari perhatian atau malah menghindari hubungan💭 dengan orang lain yang akan terus terjadi sampai anak tumbuh dewasa.

📌Tanda-tanda dari RAD yang dapat diamati semenjak bayi

Bayi yang mengalami RAD memiliki gejala menarik diri, tidak mengangkat tangannya ketika akan digendong, terlihat tidak bersemangat, tidak tersenyum, dan tidak tertarik pada permainan🚗. Sedangkan tanda GAD pada anak yang lebih besar, menghindari percakapan maupun dukungan dari orang lain, menunjukkan tindakan agresif pada teman sebaya, atau canggung ketika berkumpul dengan orang lain.


Perilaku yang dapat muncul apabila RAD tidak ditangani dan cara penanganan RAD

💡Perilaku Inhibited dan Disinhibited

Perilaku inhibited diantaranya anak tidak mau dibuat nyaman, tidak mau dibantu, memperlihatkan emosi😞 yang terbatas dan menghindari hubungan dengan orang lain. Sedangkan perilaku disinhibited yaitu, anak terlalu sering meminta bantuan, mencari perhatian bahkan pada orang asing, dan memiliki perilaku kekanak-kanakan.

🏥Cara menangani RAD

Anda harus membawa anak ke psikiater👩‍⚕️ guna memperoleh diagnosa secara tepat. Apabila anak didiagnosis mengalami RAD, maka anak akan mengikuti perawatan guna meningkatkan bonding dengan ibunya.

Sedangkan untuk anak yang usianya telah cukup besar, dan mempunyai kondisi medis tertentu ataupun kecemasan, biasanya dokter akan meresepkan obat💊 yang perlu dikonsumsi secara rutin.