post-title

Cara mendorong bayi agar mulai berjalan!

Orang tua pastinya menanti-nanti saat anaknya belajar duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan. Umumnya, bayi sudah dapat berjalan ketika menginjak usia 1 tahun. Namun, tidak perlu khawatir jika si kecil belum dapat berjalan🚶‍♀️, karena perkembangan tiap anak berbeda-beda. Anda dapat membantunya dengan melatih si kecil berjalan.


Sebelum melatihnya berjalan, latih si kecil untuk duduk dan berdiri!

😊Berlatih mengangkat diri

Ketika bayi menginjak usia 8 bulan, otot tubuhnya telah lebih kuat yang membuatnya akan mencoba mengangkat dirinya sendiri. Usia inilah saat yang tepat untuk mulai mengajarkannya keseimbangan⚖️.

🪑Asah kemampuan bayi untuk duduk

Apabila si kecil telah bisa duduk, latih agar bisa duduk dengan tegak. Hal ini berguna memperkuat otot punggung bayi yang akan mempermudah dirinya belajar🤓 berjalan nantinya.

🦶Latih otot kaki bayi

Jika si kecil sudah mampu duduk sendiri, selanjutnya latih agar ia bisa menumpu berat tubuhnya pada kaki dan berdiri sendiri. Bantu si kecil menopang badannya namun tidak dengan memegang tangannya✋ karena hal ini akan menyebabkan tubuh bayi menjadi miring yang membuatnya tidak dapat menumpu berat tubuh secara merata.


Tips melatih si kecil berjalan!

✔️Latih berjalan di dalam boks

Latih bayi Anda untuk berjalan di dalam boksnya. Jangan lupa untuk memberi pelindung (bumper) pada sekeliling bagian dalam boks. Latih bayi👶 untuk berpegangan pada pagar boks dan berjalan menyusurinya.

💭Biarkan si kecil berjalan tanpa memakai alas kaki

Membiarkan bayi Anda untuk berjalan tanpa alas kaki akan membuat bayi dapat merasakan tekstur yang ia injak. Hal ini akan membuat bayi berjalan🦵 dengan menyesuaikan kinerja otot dan mendorong stabilitasnya.

📌Berikan si kecil mainan yang bisa didorong

Anda dapat memberikan si kecil mainan yang bisa didorong sebagai alat bantu baginya untuk berlatih berjalan. Namun, hindari penggunaan baby walker. American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa penggunaan baby walker justru memperlambat😞 perkembangan motorik, perkembangan tulang belakang dan memengaruhi postur bayi.