post-title

Mulai kapan ya si kecil boleh berenang?

Anda mungkin pernah berpikir kapan ya di kecil mulai boleh berenang🏊‍♀️? Apalagi jika si kecil terlihat senang dengan air. Simak informasi berikut ini mengenai waktu yang tepat untuk berenang bagi si kecil!


Waktu yang tepat bagi bayi untuk mulai berenang

🌸Kapan waktu yang tepat untuk bayi mulai berenang?

Walaupun bayi sudah dapat berenang dari lahir, tetapi ada baiknya untuk menunggu sampai bayi sudah dapat mengontrol dan menegakkan kepalanya atau bahkan saat ia sudah dapat duduk🪑 dengan tegak.

Laman Pampers mengatakan bahwa bayi sebaiknya baru diajak berenang ketika telah menginjak usia 12 bulan🗓️. Namun hal ini juga tergantung pada kondisi dan perkembangan bayi masing-masing.

✨Suhu tubuh bayi berubah dengan sangat cepat

Bayi belum dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri dengan baik hingga ia menginjak umur 12 bulan. Karena itu saat bayi berenang, Anda harus memastikan bahwa air tidak dingin🧊 namun cukup hangat.


Cara memilih kolam renang yang aman bagi si kecil

📌Hindari kolam renang dengan air yang mengandung klorin

Air kolam renang umum biasanya mengandung klorin yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Segera mandikan🛀 bayi Anda sesudah selesai berenang supaya zat kimia yang terdapat di dalam air kolam renang tidak membuat kulitnya menjadi iritasi.

💭Tidak membawa bayi berenang di kolam renang umum

Jika bayi Anda masih berusia dibawah 6 bulan, hindari membawanya ke kolam renang umum untuk segala usia. Alasannya, suhu air kolam renang umum masih terlalu dingin🥶 bagi bayi dengan usia ini. Pilih kolam renang dengan suhu air kurang lebih 32 derajat Celcius.


Manfaat dari berenang bagi si kecil!

😴Meningkatkan kualitas tidur

Berenang dapat membuat bayi tidur lebih awal. Hal ini karena saat berenang, bayi banyak mengeluarkan energi💨 yang membuatnya mengantuk.

😉Mendorong kemampuan motorik

Menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan (gerakan pola silang bilateral) dapat mendorong pertumbuhan otak bayi. Gerakan bayi menggerakkan lengan sambil menendang kaki🦶 ketika berenang membuat otaknya merekam sentuhan air dan daya tahannya yang membantu memperkuat otaknya.

🥄Meningkatkan nafsu makan

Jika si kecil sedang sulit makan, berenang dapat menjadi salah satu cara dalam mengatasi hal ini. Saat berenang, bayi menghabiskan banyak energi yang membuat nafsu makannya🍽️ jadi bertambah.