post-title

Cara meningkatkan kecerdasan anak

Setiap orang tua pasti ingin anaknya berkembang dengan baik sesuai usianya. Berikut informasi mengenai tahapan perkembangan kecerdasan🧠 anak dan cara membantu meningkatkan kecerdasannya!


Tahapan perkembangan kecerdasan anak berdasarkan usianya!

☘️Usia 0 sampai 18-24 bulan (Tahap Sensori Motor)

Pada tahap awal perkembangan, bayi hanya menyadari apa yang berada di depan mereka. Bayi akan sering melemparkan atau menggerakkan sesuatu dan memasukkannya ke dalam mulut👄.

Sedangkan di usia 7-9 bulan, memori bayi mulai berkembang dan mereka mulai menyadari keberadaan benda. Pada akhir fase sensorimotor, kemampuan simbolis bayi dan kemampuan memproses bahasanya💭 mulai berkembang.

🎈Usia 2-7 tahun (Tahap Praoperasional)

Pada fase ini, balita sudah mulai bisa memikirkan banyak hal secara simbolis dan menggunakan bahasa dengan lebih baik. Bayi belum mampu memahami konsep sebab akibat, perbandingan, atau waktu⏲️. Namun mereka sudah mulai memahami masa lalu, masa depan, imajinasi.

💡Usia 7-11 tahun (Tahap Operasional Konkrit)

Pada tahap usia sekolah dasar ini, umumnya nalar anak sudah lebih berkembang dengan lebih konkret dan logis. Anak juga telah mulai menyadari perasaan💖 dan pikiran mereka.

🚶‍♀️Usia 11 tahun-dewasa (Tahap Operasional Formal)

Di usia anak yang telah remaja ini, mereka sudah mampu untuk mulai mempelajari konsep yang lebih rumit, membuat teori, berpikir dengan sistematis. Anak juga telah mampu mempertimbangkan berbagai kemungkinan📝.


Tips membantu meningkatkan kecerdasan anak!

🍽️Asupan makanan bergizi

Perkembangan otak anak pada masa kanak-kanak sangatlah pesat dan sangat dipengaruhi oleh apa yang si kecil konsumsi. Karena itu, pastikan si kecil selalu makan makanan yang bernutrisi dan seimbang seperti daging🥩, ikan, sayur, buah, telur, dan susu.

📙Membacakan dongeng dan membiasakan anak untuk membaca

Dengan membaca, anak akan mempunyai pengetahuan yang luas, mengembangkan daya imajinasi, dan memperkaya kemampuannya berbahasa. Mengenalkan anak dengan berbagai jenis bacaan akan menumbuhkan minat mereka untuk membaca dan mengembangkan keterampilan belajar🤓.

🛏️Tidur dengan cukup

Biasakan anak untuk selalu tidur dengan cukup setiap malam. Tidur sangat berpengaruh pada perkembangan kognitif anak, diantaranya, pemecahan masalah, daya ingat, dan pengambilan keputusan😊.