post-title

Bayi suka menjulurkan lidah

Gemas rasanya melihat segala tingkah imut bayi. Salah satunya tingkahnya yang senang menjulurkan lidahnya. Menjulurkan lidah👅 ketika bayi adalah hal yang normal, namun ternyata juga dapat mengindikasikan kondisi kesehatan tertentu, lho!


Arti dibalik si kecil yang senang menjulurkan lidah

💑🏽Meniru orang tua

Salah satu alasan si kecil menjulurkan lidahnya adalah karena meniru ekspresi wajah orang tuanya. Bayi sudah mulai aktif bermain ketika berusia 7 hingga 12 bulan. Dengan menjulurkan lidahnya, hal ini merupakan caranya untuk memulai permainan dan komunikasi😉 dengan Anda.

🍃Memperlihatkan rasa nyaman

Ketika bayi merasa nyaman dengan Anda atau dengan lingkungannya🏠, bayi juga akan menjulurkan lidahnya. Karena itu, saat tersenyum atau tertawa si kecil juga senang menjulurkan lidahnya.

🥄Bayi belum siap untuk makan MPASI

Bayi yang belum siap untuk makan MPASI juga sering menjulurkan lidahnya. Saat menolak makanan selain susu🍼, si kecil biasanya akan menjulurkan lidahnya.


Kondisi medis apa yang harus diwaspadai?

📌Rahang yang kecil

Rahang kecil atau sindrom Pierre Robin merupakan salah satu kelainan bawaan yang membuat bayi suka menjulurkan lidahnya. Biasanya bayi juga akan mengeluarkan suara seperti mengorok ketika bernapas🌬️. Rahang bayi yang kecil membuat lidahnya mudah untuk menjulur ke luar.

☁️Kekurangan hormon tiroid

Bayi yang kekurang hormon tiroid atau sering disebut dengan hipotiroid biasanya akan sering menjulurkan lidahnya karena ukuran lidahnya yang besar (makroglosia). Biasanya bayi juga akan memiliki keterlambatan perkembangan, tampak lemah😞, dan pusarnya terlihat menonjol.

👃Sumbatan hidung

Sumbatan hidung yang disebabkan pembesaran konka adalah hal yang kerap dialami bayi yang memiliki alergi. Hidung yang tersumbat menyebabkan bayi memilih untuk bernapas dengan mulut👄 yang membuatnya sering menjulurkan lidah. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengakibatkan perubahan bentuk wajah khas anak dengan rhinitis alergi, facies adenoid.