post-title

Tips cepat tumbuh gigi dan kesehatan mulut

Biasanya bayi akan tumbuh giginya ketika menginjak usia 6-9 bulan. Tetapi, tiap bayi tentunya mempunyai waktu pertumbuhan gigi🦷 yang tidak sama. Ada yang tumbuh lebih cepat, ada juga yang lebih lambat.


Cara membersihkan mulut si kecil!

Bayi yang jarang dibersihkan mulutnya dapat terkena oral trush. Oral thrush adalah infeksi jamur Candida albicans yang terjadi pada bayi dengan usia dibawah 6 bulan. Akan muncul bercak putih di mulut👄 bayi dan tidak dapat hilang saat dibersihkan.

✨Menggunakan kasa steril

Kasa steril dapat digunakan untuk membersihkan mulut si kecil. Anda dapat membasahi kasa steril dengan air🌊 hangat untuk membersihkan mulut bayi yang giginya belum tumbuh.

✔️Memakai sikat karet

Anda dapat memakai sikat karet untuk membersihkan mulut bayi👶. Saat giginya mulai tumbuh, Anda dapat mengganti kain kasa dengan sikat gigi karet atau finger toothbrush untuk bayi.

🤱Bersihkan sesudah menyusu

Jangan lupa untuk membersihkan mulut si kecil setiap selesai menyusu. Selain itu, hindari menyusui si kecil sampai ia tertidur karena sisa gula yang terkandung di dalam susu formula🍼 dapat menempel pada gigi bayi.


Tips kesehatan mulut bayi berdasarkan usianya

💭Usia 0-6 bulan

Hindari meletakkan bayi di tempat tidur🛏️ dengan botol atau membiarkannya untuk menyusu sesuka hatinya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan gusi si kecil tiap selesai menyusui.

✍🏻Usia 6-12 bulan

Pada usia ini, tetap bersihkan gusi si kecil tiap selesai menyusu. Anda dapat memberikan si kecil teether yang bersih dan dingin🧊 untuk meredakan gejala tumbuh giginya. Angkat bibir bayi dan periksa bintik-bintik putih atau coklat kecil yang dapat mengindikasikan kerusakan gigi. Bawa anak ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan gigi pertamanya.

📌Usia 12-18 bulan

Sikat gigi si kecil 2 kali sehari dan tetap periksa keadaan gigi anak dengan teratur. Bawa anak ke dokter👩‍⚕️ gigi untuk melakukan pemeriksaan jika anak belum pernah ke dokter gigi sebelumnya.

🎈Di atas usia 18 bulan

Ketika anak sudah berusia 2 tahun, Anda dapat mulai menyikat🪥 gigi si kecil dengan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong. Anda dapat mulai mengajari anak Anda untuk menyikat giginya dan meludahkan pasta gigi.


Cara agar bayi cepat tumbuh gigi

💡Gosok gusi bayi dengan rutin

Anda dapat menstimulasi pertumbuhan gigi si kecil dengan menggosok gusinya dengan rutin. Gosok dengan kain kasa steril yang telah dililitkan pada jari🤏 yang bersih.

🍴Berikan si kecil makanan bertekstur

Memberikan bayi makanan bertekstur dapat membantu menstimulasi pertumbuhan giginya. Ketika bayi telah berusia 9 bulan, Anda dapat memberikannya finger food seperti sayuran dan buah🍌.